Home Daerah GWN Expo 2023 Jadi Ajang Dekranasda Bangka Tengah Promosikan UMKM di Kancah Nasional

GWN Expo 2023 Jadi Ajang Dekranasda Bangka Tengah Promosikan UMKM di Kancah Nasional

549
0
SHARE
GWN Expo 2023 Jadi Ajang Dekranasda Bangka Tengah Promosikan UMKM di Kancah Nasional

JAKARTA - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Bangka Tengah turut memeriahkan Pameran Gebyar Wisata Nusantara (GWN) Expo 2023 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan PT. Wahyu Promocitra di Smesco Exhibition Hall Jakarta, Kamis (08/06/2023).

Diketahui, pameran yang diselenggarakan selama 4 hari dan mulai dibuka pada 8 Juni hingga 11 Juni 2023 ini, diikuti sebanyak 45 peserta pelaku industri wisata dari berbagai daerah di seluruh Indonesia yang menampilkan produk lokal khas daerah masing-masing.

Gebyar Wisata Nusantara Expo Tahun 2023 ini merupakan penyelenggaraan yang ke-19 dan secara resmi dibuka langsung oleh Deputi Pemasaran Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Ni Made Ayu Marthini.

Dalam GWS Expo 2023 ini, Dekranasda Bangka Tengah (Bateng) bersama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop-UKM) menampilkan sejumlah produk-produk unggulan UMKM dan kerajinan khas dari daerah Bangka Tengah.

"Di sini kita menampilkan produk dari Bangka Tengah ya, ada makanan olahan ikan, songkok Resam, minuman, batik dan kerajinan eco print yang semuanya asli buatan Bangka Tengah," ujar Eva Algafry selaku Ketua Dekranasda Bateng yang turut hadir dalam pameran ini.

Ia juga mengajak warga Bateng dan Babel yang berdomisili didekat lokasi GWN Expo 2023 untuk hadir mengunjungi stan yang ditampilkan dalam pameran ini.

"Ini bukan tentang Dekranasda saja tapi kita juga mempromosikan pariwisata, kuliner, dan kerajinan tangan. Untuk warga Bateng dan Babel yang ada di daerah Jabodetabek saya harap bersedia datang untuk mengunjungi stan dan produk kita, ya!" ajak Eva.

Ia berharap dengan adanya pameran ini, produk-produk UMKM dan kerajinan daerah Bangka Tengah dapat lebih dikenal lebih luas dan mampu menarik minat masyarakat untuk datang berkunjung ke Bangka Tengah.

"Dengan ditampilkannya produk makanan dan kerajinan kita di sini, mudah-mudahan kita bisa lebih dikenal melalui kuliner dan juga kerajinan, sehingga bisa jadi pemicu wisatawan untuk berkunjung ke Bangka Tengah. Tentunya, ini untuk meningkatkan pariwisata kita juga," ungkapnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Eva, Kepala Disperindagkop-UKM, Ali Imron mengatakan jika keikutsertaan Dekranasda Bateng sebagai peserta GWN Expo 2023 ini guna memperkenalkan UMKM dan Kerajinan Bateng secara nasional.

"Tujuan kita mengikuti kegiatan ini untuk memperkenalkan UMKM dan kerajinan kita ke kancah nasional. Kami dari Disperindagkop-UKM akan selalu mendukung program-program serta bekerja sama dengan Dekranasda Bateng," paparnya.

AIi Imron juga mengatakan akan giat melakukan promosi-promosi produk UMKM Bateng dengan memanfaatkan digitalisasi melalui media sosial dan marketplace. Ketua DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Me Hoa, juga turut hadir memberikan dukungan kepada Dekranasda Bateng dalam GWN Expo 2023 ini.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Yudi Rispandy

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Yudi Rispandy