Home Berita Instansi dan Kementerian Hadiri Rapat Paripurna, Algafry Rahman Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban APBD TA 2021

Hadiri Rapat Paripurna, Algafry Rahman Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban APBD TA 2021

159
0
SHARE
Hadiri Rapat Paripurna, Algafry Rahman Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban APBD TA 2021

KOBA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) gelar Rapat Paripurna terkait Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Bateng, Kamis (30/06/2022).  

Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD merupakan Raperda kumulatif terbuka, yang disampaikan oleh Kepala Daerah kepada DPRD dengan dilampiri laporan keuangan yang telah diperiksa oleh BPK-RI, serta ikhtisar laporan kinerja dan laporan keuangan BUD paling lambat enam bulan setelah tahun anggaran berakhir, tepat pada hari ini tanggal 30 Juni 2022.

Dalam sambutannya, Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman menyampaikan bahwa pertanggungjawaban merupakan siklus akhir dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Pertanggungjawaban merupakan wujud pelaksanaan amanah serta bukti capaian pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah, masyarakat, dan semua pihak yang tentunya menginginkan pertanggungjawaban yang berkualitas atas penggunaan dana yang tercantum dalam laporan keuangan pemerintah,” ujarnya.

Selain itu, Algafry menyampaikan realisasi pendapatan daerah tahun 2021 sebesar 98,65% dari anggaran pendapatan, realisasi belanja daerah dan transfer sebesar 90,77 % dari anggaran belanja, dan terdapat kenaikan nilai aset sebesar 1,78 % dibandingkan dengan posisi aset daerah tahun anggaran 2020.

Pada kesempatan kali ini juga, Algafry menyampaikan rasa syukur dan apresiasi terhadap kinerja, sinergi, pengabdian, dan kemitraan yang baik juga pencapaian membanggakan atas pemberian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diterima oleh Pemkab Bangka Tengah 6 kali berturut-turut dan 9 kali secara kumulatif.

“Pencapaian ini harus terus kita pertahankan dan harus menjadikan tertib pengelolaan keuangan daerah sebagai kebiasaaan dan budaya yang terpatri dalam jiwa setiap aparatur pemerintah daerah di lingkungan Pemkab Bangka Tengah,” lanjutnya.

Hadir dalam sidang paripurna ini yakni pimpinan dan anggota DPRD, Forkopimda Bateng, para Kepala OPD Bateng, Kepala Instansi Vertikal Bateng, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Camat dan Lurah se-Kabupten Bangka Tengah, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan beserta anggota, Direktur PDAM, Direktur BUMD, Pimpinan Bank di Bateng, para tokoh masyarakat, para tokoh pemuda, para tokoh agama, beserta tamu undangan lainnya.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Deanty Nursyahfitri
Editor: Kumala Sari Dewi
Fotographer: Hardian