Home Berita Instansi dan Kementerian Harga Beras Tinggi, 6.436 KPM di Bangka Tengah Dapat Bantuan Pangan Beras Tahap II

Harga Beras Tinggi, 6.436 KPM di Bangka Tengah Dapat Bantuan Pangan Beras Tahap II

304
0
SHARE
Harga Beras Tinggi, 6.436 KPM di Bangka Tengah Dapat Bantuan Pangan Beras Tahap II

PANGKALANBARU - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Bangka Tengah kembali menyalurkan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk Bantuan Pangan Beras Tahap II Tahun 2023, Sabtu (16/09/2023).

Kali ini Desa Beluluk, Kecamatan Pangkalanbaru yang menjadi lokasi pertama penyaluran CPP Tahap II Tahun 2023. Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah dilakukan sebagai upaya menanggulangi kekurangan pangan akibat gejolak harga pangan, bencana alam dan sosial, maupun keadaan darurat.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, yang hadir langsung untuk menyalurkan Cadangan Pangan Pemerintah kepada masyarakat Desa Beluluk. Ia juga menyempatkan diri untuk berbincang bersama masyarakat.

“Alhamdulillah, kita bisa bersilaturahmi dan berkumpul di sini untuk menyalurkan bantuan beras. Terdapat penurunan jumlah penerima manfaat pada tahap II ini yang berarti taraf hidup masyarakat sudah mulai membaik,” tutur Algafry.

Ia juga menyampaikan setiap keluarga penerima manfaat (KPM) akan mendapatkan 10 kilogram beras yang akan disalurkan selama 3 bulan, yaitu September, Oktober, dan November.

“Saya harap Bapak/Ibu bisa terbantu dengan adanya bantuan beras di tengah kondisi angka inflasi beras yang tinggi akibat fenomena El Nino ini. Jangan lihat kuantitasnya, manfaatkan sebaik-baiknya,” ucap Algafry.

Sementara itu, Kepala DPKP Kabupaten Bangka Tengah, Dian Akbarini mengatakan sebanyak 6.436 KPM akan menerima bantuan beras pada tahap II ini, dimulai dengan KPM Desa Beluluk sebanyak 81 orang.

“Harapan kami penyaluran bantuan beras kali ini bisa mengurangi pengeluaran masyarakat terhadap pembelian beras, karena salah satu penyebab inflasi adalah beras. Kita tahu saat ini harga beras sedang meningkat hingga mencapai Rp15.000,00 per kilogram, bantuan ini dari pemerintah untuk masyarakat, semoga bisa membantu,” tegasnya.

Sama seperti sebelumnya, penyaluran bantuan kali ini juga bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional, Perum Bulog, Dinas Sosial, dan transporter yang kali ini dari PT Dosni Roha (DNR).  

Turut hadir dalam kegiatan ini, yakni Kepala DPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Staf Ahli Bidang Perekonomian, Pembangunan, dan Keuangan Bangka Tengah, perwakilan Perum Bulog Cabang Bangka, Camat Pangkalanbaru, dan Kepala Desa Beluluk.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Deanty N

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Prayogi J