Home Berita Terkini HARGANAS XXVIII Tingkat Provinsi Bangka Belitung di Tanjung Pura Usung Tema Keluarga Keren Cegah Stunting

HARGANAS XXVIII Tingkat Provinsi Bangka Belitung di Tanjung Pura Usung Tema Keluarga Keren Cegah Stunting

120
0
SHARE
HARGANAS XXVIII Tingkat Provinsi Bangka Belitung di Tanjung Pura Usung Tema Keluarga Keren Cegah Stunting

Sungai Selan - Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., mendampingi Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Drs. Abdul Fatah M.Si, hadiri Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXVIII Tahun 2021 sekaligus penyerahan Penghargaan Capaian Pendataan Keluarga 2021 (PK21) yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Peringatan dengan tema "Keluarga Keren Cegah Stunting" ini digelar di Dusun Nangka, Pulau Nangka, Desa Tanjung Pura, Kecamatan Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (24/06/2021).

Algafry pada kesempatan ini mengatakan bahwa keluarga sebagai unit sosial terkecil dalam masyarakat harus memiliki kekuatan dan ketahanan sehingga dapat membentuk masyarakat yang kuat dalam menghadapi segala permasalahan dan tantangan.

“Keluarga memiliki peranan yang sangat penting sebagai tempat penyemaian pertama, tempat sosialisasi dan internalisasi pertama terhadap nilai-nilai aspek kehidupan,” kata Algafry.

Lebih lanjut Algafry menyebutkan bahwa Hari Keluarga Nasional XXVIII Tahun 2021 yang mengangkat tema Keluarga Keren Cegah Stunting ini mengandung makna yang sangat dalam bahwa keluarga memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun bangsa yang kuat dan maju, keluarga juga merupakan tempat dalam membentuk dasar karakter manusia Indonesia, terutama karakter kepribadian dan budi pekerti.

“Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) merupakan organisasi yang lebih dekat dengan keluarga, saya harapkan dapat mengambil barisan terdepan dalam upaya membentuk sumber daya manusia yang berkarakter dan berkepribadian serta dapat membangkitkan semangat kekeluargaan dan gotong royong,” jelasnya.

Bupati Bangka Tengah juga menyampaikan selamat atas penghargaan yang diterima Kabupaten Bangka Tengah dalam pencapaian Pendataan Keluarga 2021 (PK21) yang meraih penghargaan peringkat ke-3 Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Saya ucapkan terima kasih atas penghargaan yang diterima Kabupaten Bangka Tengah dalam pencapaian Pendataan Keluarga 2021 (PK21) yang meraih penghargaan tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terima kasih pada semua pihak yang telah mendukung. Juga terima kasih untuk semua pihak yang menyukseskan digelarnya HARGANAS kali ini,” tambah Algafry.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Drs. Abdul Fatah M.Si dalam kata sambutan sekaligus membuka acara, secara resmi menyebutkan bahwa hari ini juga ada Pelayanan Keluarga Berencana Serentak Sejuta Akseptor Tahun 2021. Ia berharap gerakan ini memberikan dukungan bermakna bagi semua keluarga pasangan usia subur untuk merencanakan kehamilan dan jumlah anak demi terwujudnya keluarga yang sehat, mandiri, dan sejahtera.

"Hari ini dilakukan pelayanan KB serentak di seluruh Indonesia, termasuk di seluruh wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dengan target secara nasional seluruhnya 1.000.000 akseptor. Pelayanan KB serentak ini dilaksanakan termasuk salah satu rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional XVIII Tahun 2021,” terang Fatah.

Di akhir acara dilakukan penyerahan Piagam Penghargaan kepada Kabupaten/ Kota terbaik dengan pencapaian 100% Target KK Terdata pada Pendataan Keluarga 2021. Juga penyerahan bantuan dari Bupati Bangka Tengah kepada Masjid Dusun Nangka, Desa Tanjung Pura, Kecamatan Sungai Selan.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung, Wakil Bupati Bangka Barat, Inspektur Utama BKKBN Pusat beserta jajarannya, Ketua TP-PKK Provinsi Bangka Belitung, Ketua TP-PKK Bangka Tengah, Kepala BKKBN Provinsi Bangka Belitung, Kepala DP3ACSKB Provinsi Bangka Belitung, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Bangka Tengah, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Bangka Tengah, Camat Sungai Selan, Kades Tanjung Pura, Kadus Nangka, Kapolsek Sungai Selan, Babinsa Sungai Selan, dan masyarakat Desa Tanjung Pura.

“Atas nama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Pemerintah Kabupaten/ Kota beserta jajarannya yang menunjukkan komitmen, dukungan dan apresiasi yang tinggi untuk mendukung program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ujar Ari Dwikora Tono, Inspektur Utama BKKBN Pusat di sela acara.

Disebut Ari, hashtag #KeluargaIndonesiaCegahStunting disematkan dalam tema HARGANAS XXVIII Tahun 2021 ini sebagai implementasi amanat Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo kepada BKKN sebagai Ketua Pelaksana Percepatan dan Penurunan Stunting di Indonesia pada tanggal 25 Januari 2021.*

(YHP-RDO/APJ/Foto:RDO/YHP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah