Home Berita Terkini Hari Kedua Bimtek PAUD HI Bangka Tengah, Pemateri Fokuskan Tumbuh Kembang Anak

Hari Kedua Bimtek PAUD HI Bangka Tengah, Pemateri Fokuskan Tumbuh Kembang Anak

272
0
SHARE
Hari Kedua Bimtek PAUD HI Bangka Tengah, Pemateri Fokuskan Tumbuh Kembang Anak

Pangkalan Baru - Rangkaian acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas PAUD Holistik Integratif (HI) hari kedua saat ini masih berlangsung di Hotel Grand Vella, Pangkalan Baru, Selasa (24/08/2021), dengan tema materi sekitar kesehatan, gizi, pencegahan stunting serta lingkungan yang berkualitas.

Menurut Kepala Seksi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah sekaligus Koordinator dan Fasilitator, Judaini, bimtek hari kedua ini menghadirkan narasumber fasilitator PAUD yang sudah mendapat pelatihan dari Kementerian Pendidikan selama empat hari.

"Pematerinya berasal dari unsur Dinas Pendidikan sebanyak 2 orang, Himpaudi 2 orang, PGTKI 2 orang, PKG 2 orang dan Pengelola PAUD 2 orang, jadi totalnya 10 orang. 10 pemateri (fasilitator -red) ini sudah mendapat pelatihan dari Kementerian Pendidikan selama empat hari melalui daring," jelas Judaini di sela kegiatan.

Lebih lanjut Judaini berharap melalui bimtek ini para peserta mempunyai rencana tindak lanjut untuk menerapkannya di sekolah masing-masing, dimana rencana aksi tersebut akan didampingi oleh fasilitator.

“Setiap fasilitator akan mendampingi 10 lembaga dan output dari kegiatan ini adalah terbentuknya Gugus Tugas Pelaksanaan PAUD HI di Tingkat Kabupaten, tersusunnya Perbup PAUD HI, tersusunnya Rencana Aksi tentang PAUD HI, terlatihnya 100 satuan PAUD, juga terlaksananya pendampingan ke 100 lembaga PAUD,” jelas Judaini.

Sementara itu Ida Kumalasari, S. Pd. AUD, salah satu nara sumber mengatakan, bahwa anak usia 3 tahun sampai 6 tahun mengalami perkembangan yang sangat cepat, baik dalam nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa maupun sosial emosial. Oleh karenanya, peran serta para pendidik sangat diharapkan dalam pemantauan perkembangan anak.

"Dari PAUD HI ini, sudah berkoordinasi dan bekerja sama dengan Puskesmas untuk memantau tumbuh kembang anak. Nantinya, kami akan bekerja sama dengan instansi terkait untuk memberikan pelatihan kepada para pendidik agar bisa memantau dan mencatat perkembangan anak sesuai dengan usianya," papar Ida.

Ida menambahkan, apabila ditemukan permasalahan tumbuh kembang anak nantinya PAUD akan segera laporkan ke Puskesmas terdekat untuk penanganannya karena Himpaudi sudah melaksanakan MoU sejak 2014.

Sementara itu, salah satu peserta bimtek yakni Eka Nurbaiti dari TK Bunda Pertiwi, Desa Sarang Mandi mengatakan bahwa kegiatan ini mengikuti protokol kesehatan dengan peserta yang sangat terbatas.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Pendidikan karena telah melaksanakan Bimtek Peningkatan Kapasitas PAUD Holistik Integratif. Alhamdulillah Kegiatan Bimtek hari kedua ini berjalan sangat menyenangkan karena materi mudah diterima, dapat menambah pengetahuan, serta sangat membantu saya dalam mendidik dan mengasuh anak-anak di sekolah,” jelas Eka.

Para peserta dibagi ke dalam dua kelas, dengan masing-masing kelas sebanyak 50 peserta. Di setiap akhir pemaparan materi dilanjutkan diskusi kelompok dan paparan serta tanya jawab. * (NZR-YHP/APJ/Foto:YHP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah