Home Berita Terkini Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke - 49 Kabupaten Bangka Tengah, Eva Algafry: Momentum Kebangkitan Gerakan PKK

Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke - 49 Kabupaten Bangka Tengah, Eva Algafry: Momentum Kebangkitan Gerakan PKK

75
0
SHARE
Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke - 49 Kabupaten Bangka Tengah, Eva Algafry: Momentum Kebangkitan Gerakan PKK

Koba - Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Tengah memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke - 49 Kabupaten Bangka Tengah dengan tema "Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju" dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (30/11/2021).

Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Tengah drg. Eva Algafry yang membacakan sambutan Ketua Umum PKK Ny. Tito Karnavian mengatakan bahwa Hari Kesatuan Gerak PKK merupakan salah satu momentum yang sangat mendasar serta memiliki arti penting dan strategis dalam implementasi 10 (sepuluh) program pokok PKK.

Peringatan ini memberikan penegasan bahwa Gerakan PKK dikelola dari, oleh seluruh komponen bangsa dalam satu kesatuan tujuan yaitu masyarakat yang berdaya dan sejahtera. Pelaksanaan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK tahun ini memasuki tahun ke 40 dengan tema Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju.

Pelopor memberi makna bahwa PKK dalam hal ini Tim Penggerak dan Kader di seluruh pelosok nusantara, hendaknya tahu mau dan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan hidup.

“Mari untuk tetap jaga komitmen dan dedikasi untuk memajukan Gerakan PKK. Tak lupa kami juga berharap dukungan dari gubernur bupati dan walikota sebagai Ketua Pembina PKK di wilayah masing- masing,” ajak Eva.

“Program PKK tidak akan dapat optimal dilaksanakan tanpa dukungan pemerintah daerah. Semoga peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49 Tahun menjadi momentum kebangkitan Gerakan PKK melalui Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju," tutupnya.

Tujuan diselenggarakan kegiatan  HKG PKK yaitu merupakan memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari oleh dan untuk masyarakat, baik yang sudah dilaksanakan maupun program-program yang masih dalam perencanaan, meningkatkan pemahaman segenap jajaran Tim Penggerak PKK, masyarakat dan seluruh komponen bangsa tentang keberadaan, tujuan, program dan kegiatan PKK dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga serta meningkatkan motivasi dan kesadaran anggota TP TPKK dan Kader PKK dan masyarakat untuk lebih tahu, mau dan mampu melaksanakan program - program PKK terus aktif mendukung kegiatan PKK.

Kemudian dilakukan Penandatanganan MoU Tim Penggerak PKK dengan beberapa Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah yang terdiri dari Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, DPUTRP, Dinas Perikanan, Diperkimhub, Disperindagkop-UKM, Dinas Kesehatan, Dindukcapil dan DKP.

Mengakhiri acara ini Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Tengah memberikan hadiah bagi pemenang perlombaan dengan didampingi oleh Wakil Ketua PKK I dan Wakil Ketua PKK II. Adapun Pemenang lomba program Pokok PKK Pemberian Sertifikat dan Penghargaan kepada:

Pemenang Lomba Paud HI Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung; Pemenang Lomba PKK KB Kes Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung; Pemenang Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung; Pemenang Lomba PHBS Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung; Pemenang Lomba Vlog Cepak TK.Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021, Pelaksana Terbaik Administrasi PKK Juara I Kecamatan Koba, Juara II Kecamatan Pangkalan Baru, Juara III Kecamatan Namang.

Pelaksana Terbaik Dasawisma , Juara I Kecamatan Namang, Juara II Kecamatan Pangkalan Baru, Juara III Kecamatan Koba. Pelaksana Terbaik PAAR (Pola Asuh Anak Remaja) Juara I Kecamatan Namang , Juara II Kecamatan Koba, Juara III Kecamatan Pangkalan Baru. Pelaksana Administrasi Terbaik Dan Hasil UP2K PKK Juara I Kecamatan Koba, Juara II Kecamatan Pangkalan Baru , Juara III Kecamatan Simpang Katis serta Kategori Pemenang Terbaik Pelaksana Bazar, Kategori Sukarelawan Covid - 19.

Peserta HKG berjumlah 300 orang yang terdiri dari OPD se-Bangka Tengah, TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan, dan Desa/Kelurahan.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Bangka Tengah, Sekertaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Asisten Bidang Pemerintahan Kesejateraan Rakyat, Kepala OPD se-Bangka Tengah/perwakilan, Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Perwakilan Ketua TP PKK Kota Pangkalpinang , Wakil Ketua PKK I, Wakil Ketua PKK II, Wakil Ketua PKK III, Wakil Ketua PKK IV, Ketua TP PKK Kabupaten Bangka, Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Barat, Ketua TP PKK Kabupten Bangka Selatan, Ketua DWP Kabupaten Bangka Tengah, Camat Pangkalan Baru Perwakilan Bank Sumsel Babel Cabang Koba, Perwakilan Bank Mandiri Cabang Koba.* (UMM/WEE/Foto:WEE)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah