Home Berita Instansi dan Kementerian Hasilkan 8 Hingga 9 Ton Cabai Merah Per Hektar, Lubuk Besar Jadi Kampung Cabai

Hasilkan 8 Hingga 9 Ton Cabai Merah Per Hektar, Lubuk Besar Jadi Kampung Cabai

5,631
0
SHARE
Hasilkan 8 Hingga 9 Ton Cabai Merah Per Hektar, Lubuk Besar Jadi Kampung Cabai

LUBUK BESAR - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) melalui Dinas Pertanian menggelar panen cabai merah dan penanaman secara simbolis cabai merah di Kelompok Tani Berkah Desa Lubuk Lingkuk, Kecamatan Lubuk Besar, Jumat (21/10/2022).

Sajidin selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah yang hadir mewakili Bupati Bangka Tengah mengatakan kegiatan ini merupakan hasil dari Program Kampung Cabai yang diluncurkan oleh Kementerian Pertanian seluas 20 hektar.  Dari 20 hektar ini, seluas 10 hektar berada di Kecamatan Lubuk Besar dan 10 hektar lainnya di Kecamatan Simpang Katis.

"Di Kecamatan Lubuk Besar ini, alhamdulillah ada 10 hektar yang tersebar di beberapa titik. Kali ini kelompok tani berkah sudah mendapatkan hasil dan mulai panen. Insyaallah akan disusul oleh petani-petani lain. Nah, target kita untuk produktivitas sekitar 8 hingga 9 ton per hektarnya," jelas Sajidin.

Menghadapi curah hujan yang tinggi dalam beberapa bulan ini, dikatakan Sajidin banyak tanaman cabai yang rusak kena protalium dengan jamur yang menyerang akar sehingga tanaman layu dan mati.

"Untuk mengatasinya kami sudah lakukan kerja sama dengan balai proteksi provinsi yang sudah memberikan trichoderma. Tetapi karena memang sekarang ini curah hujan terlalu tinggi sehingga tidak bisa dikendalikan lagi. Tanaman yang mati akan kita cabut agar tidak menular ke tanaman lainnya," ucapnya.

Selaku pemilik lahan, Yusuf Dallail selaku pemilik lahan cabai merah mengatakan bahwa dirinya menanam cabai sejak tahun 2018 lalu.

"Jenis cabai yang kita tanam yaitu Cabai Laju F1 di lahan seluas 1 hektar ini. Selama ini kurang lebih kita sudah enam kali masa panen, untuk sekali panen bisa menghasilkan 12 ton cabai," ungkapnya.

Pada kegiatan ini juga di lakukan penyerahan secara simbolis sarana produksi kegiatan pengembangan tanaman cabe seluas 14 hektar kepada Kelompok Tani (Poktan) Nadi Lestari, Gapoktan Bina Tani Perlang, dan Poktan Guyub Rukun.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Redoh soniman

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Irvan