Home Berita Terkini Herry Erfian Tekankan Pentingnya Mindset Kreatif dan Inovatif

Herry Erfian Tekankan Pentingnya Mindset Kreatif dan Inovatif

121
0
SHARE
Herry Erfian Tekankan Pentingnya Mindset Kreatif dan Inovatif

Pangkalan Baru – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop-UKM) Kabupaten Bangka Tengah menggelar kegiatan Sosialisasi Rencana Pembangunan Industri Kabupaten (RPIK) Kabupaten Bangka Tengah Tahun Anggaran 2021 yang diselenggarakan di Hotel Osela, Rabu (24/11/2021).

Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian, ST, yang hadir dan membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi RPIK Kabupaten Bangka Tengah ini menyampaikan bahwa pembangunan suatu kabupaten termasuk pembangunan industri akan terbentuk dengan baik jika direncanakan dan diproyeksikan dengan baik serta melibatkan stakeholder.

“Kabupaten Bangka Tengah mempunyai potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang luar biasa, dimulai dari kelautan, perkebunan, pertanian dan timah sehingga dengan kegiatan sosialisasi terkait RPIK ini diharapkan dapat menjadi langkah untuk mengembangkan produk-produk yang inovatif dan kreatif kedepannya,” ucap Erfian.

“Kita jangan sampai terpaku dan mempunyai mindset, kita tanam, panen lalu dijual. Dengan mengubah dan mengembangkan bahan mentah menjadi olahan sehingga menciptakan produk unggulan yang berdaya saing, kita mampu menumbuhkan serta menguatkan sektor industri dan perekonomian di Bangka Tengah,” sambungnya.

Senada dengan Wakil Bupati Bangka Tengah, Kepala Disperindagkop-UKM Kabupaten Bangka Tengah, Ali Imron, SP, MM, juga mengungkapkan harapan dengan terselenggaranya sosialisasi ini dapat meningkatkan nilai tambah dari produk-produk yang dihasilkan.

“Harapannya kita bisa mengolah produk mentah yang dihasilkan menjadi suatu produk unggulan sehingga dapat menaikkan nilai tambah, contohnya Gaharu yang bisa kita olah menjadi bermacam-macam bentuk, seperti Gelang atau Teh Gaharu,” jelas Ali.

Ali juga menambahkan sosialisasi ini juga menyampaikan hasil sinkronisasi antara Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN), Rencana Pembangunan Industri Provinsi (RPIP) dan Rencana Pembangunan Industri Kabupaten (RPIK) sehingga dapat kita ketahui titik-titik pengembangan industri baik yang perlu kita kembangkan dan kita tingkatkan kedepannya.

Kegiatan Sosialisasi RPIK Tahun 2021 menghadirkan Dr. Reniati, SE., M.Si sebagai narasumber dari Universitas Bangka Belitung (UBB), Subekti Saputra, S.Tp sebagai Narasumber dari Dinas Perindustrian Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Bidang Perindustrian Disperindagkop-UKM Bangka Tengah, Meriyawati, ST., dan 25 peserta yang terdiri dari Penyuluh Disperindagkop-UKM, Penyuluh Dinas Pertanian, Pelaku Usaha Gaharu, Pelaku Usaha Olahan Hasil Perikanan, Pelaku Usaha Lada, Petani Sawit dan Petani Karet.

Sub Kegiatan Evaluasi terhadap Pelaksanaan Rencana Pembangunan Industri melalui Kegiatan Sosialisasi RPIK ini juga bertujuan untuk :

  1. Informasi dan Kejelasan tentang Visi dan Misi Pembangunan Daerah serta Tujuan dan Sasaran Rencana Pembagunan Industri Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2020-2040
  2. Informasi terkait Strategi dan program Industri Daerah bagi Produk Unggulan yang menjadi Rencana Pembangunan Industri Kabupaten Bangka Tengah
  3. Informasi terkait Sinergitas Pelaksanaan Rencana Pembangunan Industri Kabupaten Bangka Tengah dengan Rencana Pembangunan Industri Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.* (PYJ/WEE/Foto:PYJ)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah