Home Wisata Hutan Mangrove

Hutan Mangrove

wisata alam

950
17
SHARE
Hutan Mangrove

Wisata hutan mangrove di Bangka salah satunya terletak di Desa Kurau Barat, Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung. Sejak diresmikan pada Februari 2017 lalu, objek wisata alam yang satu ini semakin terkenal dan telah dikunjungi ribuan wisatawan baik lokal, domestik hingga mancanegara. Rasa lelah anda akan berubah menjadi senyum sumringah saat tiba di lokasi wisata yang diharapkan akan jadi ikon wisata Bangka Tengah ini.

Suasana unik dari tempat wisata hutan mangrove ini menjadi daya tarik tersendiri, apalagi jaraknya cukup dekat dari kota Pangkalpinang ditambah rutenya yang satu arah dengan objek wisata Danau Biru atau Kulong Biru membuat wisata hutan mangrove ini menjadi kian menarik untuk di kunjungi. Wisata mangrove ini bisa ditempuh sekitar 30-45 menit dari Pangkalpinang, Bangka.

Kawasan wisata hutan mangrove ini dikelola oleh Gempa (generasi muda pecinta alam) 01 Desa Kurau Barat Kecamatan Namang Bangka Tengah. Destinasi wisata ini mampu memberikan sensasi tersendiri bagi siapa saja yang datang berkunjung. Air jernih dengan warna kecoklatan, berpagar rimbunnya pohon mangrove dan jenis lainnya, hingga liukan aliran sungai yang deras membawa wisatawan seolah lupa dengan rutinitas.

Selain itu, di kawasan ini wisatawan dapat melihat beragam habitat seperti burung, kepiting dan lainnya. Tak hanya itu, wisatawan pun juga dapat menangkap langsung kepiting bakau yang telah dibudi daya oleh pengelola sekaligus dapat merasakan kelezatan kepiting bakau tersebut.

Belum lagi saat memasuki bagian dalam hutan, binatang-binatang yang jarang terlihat seperti ular dengan warna-warni yang khas, aneka burung, berbagai jenis kera siap menyambut wisatawan.

Bagi yang hobi memancing, mereka bisa melepaskan kailnya ditempat ini. Berbagai jenis ikan air tawar dan laut bisa dijumpai, seperti ikan bulan, toman, kakap dan Sembilang.

Sungguh sebuah objek wisata yang sangat unik dan berbeda dengan wisata di Bangka pada umumnya yang di dominasi oleh wisata pantai dan kuliner. Menurut para pengelola tempat ini, Kedepannya mereka juga akan menekankan pada konsep wisata edukasi di tempat ini.

Di tempat ini juga ada budidaya kepiting dan udang. Jadi wisatawan yang datang bisa melihat sekaligus menikmatinya. Tempat wisata mangrove di Bangka ini terbuka untuk umum, siapapun bisa mendatanginya. Anda bisa menggunakan jalur air jika ingin menikmati sensasi menantang, namun ada juga jalur darat.

Di kawasan wisata hutan mangrove Bangka Tengah ini, seluruh pengunjung diminta untuk menjaga hewan yang biasa bermain di lokasi tersebut. Bahkan kalau Anda memiliki burung atau hewan lain yang di kandang, bisa juga dilepaskan di hutan ini.

Liburan tentunya terasa kurang lengkap kalau tidak diabadikan dalam bentuk foto. Nah bila berkunjung ke kawasan hutan Mangrove di. Kurau ini, Anda tak perlu khawatir karena di sini banyak spot foto dan pemandangan yang sangat indah selama Anda berkeliling hutan.

Selama berkeliling di hutan mangrove kita bisa menjumpai tempat duduk yang dibuat disisi jembatan, ada jembatan gantung yang unik saat menyebrangi sungai dan juga ada gazebo untuk beristirahat.

Untuk menikmati daya tarik kawasan Hutan Mangrove ini, Anda bisa berjalan kaki sejauh 300 meter menikmati keasrian hutan mangrove atau bisa menggunakan speed boat dengan jarak tempuh 1,5 km. 

Untuk speed boat sendiri dikenakan biaya yang cukup hemat bahkan gratis untuk anak-anak usia dibawah 8 tahun. Untuk dewasa biaya pergi dan pulangnya dikenakan biaya Rp10.000,00 bila anda memutuskan berkeliling dengan boat.

Disini juga tersedia tambak pengembangbiakan udang dan kepiting. Jadi Anda bisa langsung menikmati kepiting dan udang yang masih segar dengan cara memesan ke pihak pengelola terlebih dahulu. Per porsinya dijual seharga Rp75.000,00 dengan menu kepiting+udang+sayuran dan ditambah dengan minuman es kelapa muda.

Keunikan dari wisata hutan mangrove Kurau Barat ini Anda juga bisa menyaksikan kawasan hutan mangrove secara keseluruhan dari atas menara yang dibuat menempel pada pohon mangrove tertinggi di tempat ini. Selain itu berbagai spot foto menarik telah siap menanti jepretan kamera Anda.

Bila berkeliling dengan boat, sensasi mengarungi sungai diantara tanaman mangrove di tempat ini, akan membuat kita seakan berasa di hutan amazon negara Brazil sana.

Bagi anda yang suka berswafoto dibsini juga terdapat banyak spot untuk berswafoto seperti di rumah pohon. Dari atas rumah pohon ini Anda dapat menikmati pemandangan di sekeliling hutan mangrove yang begitu hijau. Bagi Anda yang menyukai tantangan di sini juga tersedia permainan flying bridge, yaitu permainan menyeberangi sebuah jembatan yang terbuat dari tatakan balok kayu yang disusun melintang dengan jarak tertentu dan digantung dengan seutas tali.

Ada juga spot foto untuk berselfie diatas jembatan. Di tempat ini banyak sekali papan dengan tulisan-tulisan unik untuk latar foto seperti kawasan bahagia, kapan nikah, lorong ilmu, hatiku boleh hancur mangroveku jangan, stop menebang hutan mangrove, 2 anak cukup 2 istri bangkrut, dll.

Rencananya kedepan di Hutan Mangrove akan dibangun Restoran di depan laut dan Hotel Mengapung. Kita do’akan saja ya. Sebetulnya masih ada beberapa tempat untuk wisata mangrove lainnya di pulau. Bangka. Namun saat ini wisata hutan mangrove Menjangan di Kurau Barat, Bangka Tengah inilah yang sedang hits dan paling mudah di jangkau. 

Yuk, ke Bangka Tengah! 

#pesonabangkatengah #kesinibai #wisatabangkatengah #infobangkatengah