Home PKK Ikuti Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi 2023, TP-PKK Bangka Tengah Perkenalkan Buku Resep Digital

Ikuti Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi 2023, TP-PKK Bangka Tengah Perkenalkan Buku Resep Digital

428
0
SHARE
Ikuti Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi 2023, TP-PKK Bangka Tengah Perkenalkan Buku Resep Digital

BANGKA – Bertempat di Tanjung Pesona Beach Resort, Kabupaten Bangka, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar kegiatan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi, Kamis (19/10/2023).

Lomba yang diikuti oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten/Kota Se-Babel ini mengangkat tema Ragam Kreasi Masakan Olahan Ikan untuk Menyehatkan dan Mencerdaskan Generasi Bangsa, Menurunkan Angka Stunting, Menuju Masyarakat Bangka Belitung yang Sejahtera.

TP-PKK Bangka Tengah sebagai peserta dalam lomba kali ini menampilkan menu makanan kreasi olahan ikan yang berasal dari Buku Resep Batu Belubang yang merupakan singkatan dari Buku Menu Serba Ikan Untuk Balita dan Keluarga Berbahan Ikan Kembung.

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Bangka Tengah sekaligus Ketua TP-PKK, Eva Algafry, bersama Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Imam Soehadi, turut hadir mendampingi dan memberikan dukungan kepada Tim TP-PKK Bangka Tengah sebagai peserta.

"Dalam lomba ini kita mencoba menampilkan menu yang berasal dari buku resep Batu Belubang, dimana aneka makanan olahan ikan ini merupakan ide dan kreasi dari teman-teman PKK," ungkap Eva.

Eva juga menjelaskan beberapa olahan makanan berbahan ikan yang disajikan ini bisa menjadi varian menu andalan untuk balita dan anak.

"Ada menu Nabung Secanting yang artinya nasi ikan kembung selimut telur untuk cegah stunting, terus ada Simpur Belacan itu artinya sate ikan daun ubi bungkus daun simpor dicocol sambel belacan," terangnya.

Selain menu tersebut, TP-PKK Bangka Tengah juga menyajikan menu dengan nama Kejutan yaitu kue keju tambahan ikan, dimana menu ini cukup digemari para juri saat melakukan penilaian ke meja Tim TP-PKK Bangka Tengah.

"Juri cukup menikmati menu Kejutan ini ya, ada ice cream yang dicampur ikan juga sebagai kudapan," tutur Eva.

Salah satu inovasi yang juga ditampilkan oleh tim TP-PKK Bangka Tengah dalam lomba ini adalah QR Barcode Buku Resep Batu Belubang, dimana dengan hanya melakukan pemindaian pada barcode tersebut, maka langsung dapat membuka buku resep secara digital.

Dalam perlombaan ini, TP-PKK Bateng mampu meraih peringkat sebagai Juara Harapan I. Terkait hal ini Eva Algafry menilai bahwa predikat menang dan kalah adalah hal umum dan lebih mementingkan komitmen anggotanya dalam mengenalkan makanan bergizi ke lingkungan terdekat.

“Tetap semangat, nanti tahun depan kita akan tingkatkan lagi supaya bisa mendapatkan juara pertama," ucap Eva kepada tim TP-PKK Bateng.

Kegiatan lomba ini juga dihadiri langsung oleh Pj. Gubernur Kepulauan Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu, bersama dengan Pj. Ketua TP-PKK Babel, Maya Suganda Pasaribu.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Yudi Rispandy

Editor: Asti Pradiajayanti

Fotografer: Yudi Rispandy