Home Berita Terkini Ikuti Penyuluhan PTSL di Desa Keretak, Algafry Ingin Masyarakat Sadar Pentingnya Sertifikat

Ikuti Penyuluhan PTSL di Desa Keretak, Algafry Ingin Masyarakat Sadar Pentingnya Sertifikat

1,056
0
SHARE
Ikuti Penyuluhan PTSL di Desa Keretak, Algafry Ingin Masyarakat Sadar Pentingnya Sertifikat

Sungaiselan – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Drs. Sugianto, M.Si, hadir dalam kegiatan Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kantor Pertanahan Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021 yang diadakan di Kantor Desa Keretak, Kecamatan Sungaiselan, Jumat (09/07/2021).

Kabupaten Bangka Tengah pada tahun 2021 ini mendapat kuota PTSL di 4 Desa yaitu Desa Keretak, Desa Melabun, Desa Sarangmandi dan Desa Romadhon dengan target 5.000 bidang tanah yang diukur dan 2.200 sertifikat yang akan diterbitkan.

Ali Ridlo, S.T., M.H selaku Kepala Kantor Badan Pertanahan Negara (BPN) Bangka Tengah dalam sambutannya menjelaskan tujuan dari penyuluhan ini adalah ingin mengajak masyarakat yang memiliki tanah tetapi belum disertifikatkan, agar mau membuat sertifikat kepemilikan atas tanahnya.

“Ini merupakan program dari pemerintah pusat yang sudah berjalan sejak tahun 2016 dan ditargetkan selesai pada tahun 2025 sehingga ke depannya ketika PTSL ini selesai akan ada peta PTSL yang bisa dimanfaatkan serta tanah di Indonesia mempunyai data yang jelas kepemilikannya,” jelas Ali.

Lebih lanjut Ali juga menjelaskan bahwa program PTSL ini tidak dipungut biaya, namun syaratnya bagi masyarakat yang ingin mengajukan agar menyiapkan patok atau tanda batas ditanahnya dan materai.

Camat Sungaiselan, Suhimin, S.AP., M.AP, mengatakan akan terus berkoordinasi dengan kepala desa yang desanya mendapat kuota PTSL ini agar masyarakat yang belum mempunyai sertifikat mau ikut serta.

“Hingga hari ini masih ada 600 kuota persil yang tersisa, kami akan terus mengajak masyarakat di 4 desa ini yang belum mempunyai sertifikat agar kuota yang tersisa dapat terpenuhi karena ini kesempatan yang baik bagi masyarakat,” terang Suhimin

Dalam sambutannya, Bupati Bangka Tengah juga turut mengajak masyarakat agar mau ikut program PTSL ini dikarenakan banyak manfaat yang dapat diterima oleh masyarakat, terutama dengan adanya sertifikat ini tanah yang dimiliki mempunyai payung hukum yang kuat dan jelas.

“Program PTSL di seluruh Indonesia sendiri pada tahun 2021 hanya menargetkan sebanyak 8,3 juta bidang tanah dan Kabupaten Bangka Tengah berkesempatan mendapatkan program PTSL ini. Jadi, harus kita manfaatkan sebaik mungkin, apalagi seperti yang dijelaskan oleh Pak Ali bahwa program PTSL ini gratis,” ucap Algafry sembari mengajak masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19 termasuk menyukseskan vaksinasi Covid-19.

Bupati Bangka Tengah didampingi Sekda Bangka Tengah dan Kepala BPN Bangka Tengah menyerahkan secara simbolis sertifikat PTSL kepada 3 warga desa Keretak. Pada Kegiatan penyuluhan ini juga hadir Kepala Desa Keretak, Ketua BPD Keretak, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta masyarakat Desa Keretak.* (PYJ/APJ/Foto:PYJ)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah