Home Berita Instansi dan Kementerian Indikator Keberhasilan Pembangunan Sektor Perikanan Bateng Menuju Perikanan yang Semakin Unggul

Indikator Keberhasilan Pembangunan Sektor Perikanan Bateng Menuju Perikanan yang Semakin Unggul

895
0
SHARE
Indikator Keberhasilan Pembangunan Sektor Perikanan Bateng Menuju Perikanan yang Semakin Unggul

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bangka Belitung menggelar Paparan Laporan Akhir Kegiatan Penyusunan Dokumen Nilai Konsumsi Ikan (NKI), Nilai Tukar Nelayan (NTN) dan Nilai Tukar Pembudidaya Ikan (NTPI) Tahun 2021, bertempat di Ruang Rapat VIP Kantor Bupati, Rabu (08/12/2021). Dihadiri Asisten Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan mewakili Bupati Bangka Tengah.

Dalam kesempatan ini Asisten Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ahmad Syarifullah Nizam, SE., MAP., mengatakan bahwa kegiatan Paparan Laporan Akhir Penyusunan NKI, NTN dan Nilai NTPI Tahun 2021 ini sebagai alat ukur dan menjadi indikator keberhasilan pembangunan pada sektor perikanan.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah sangat bangga karena program-program yang berkaitan dengan pengembangan sektor perikanan baik tangkap maupun budidaya telah memberikan kontribusi yang sangat nyata.

“Alhamdulillah, jumlah produk hasil perikanan lebih besar dari pada biaya rumah tangga serta biaya lainnya. Mari kita cermati hasil Paparan Laporan Akhir ini untuk kita tindaklanjuti dan menghasilkan rekomendasi apa yang harus dilakukan kedepannya,” ungkap Syarifullah.

“Terimakasih kami ucapkan kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bangka Belitung yang telah menyampaikan Paparan Laporan Akhir Penyusunan NKI, NTN dan Nilai NTPI Tahun 2021 untuk menuju perikanan yang semakin unggul,” sambungnya.

Sementara itu, Taufik, SP.,MM., selaku Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah mengatakan bahwa NKI, NTN dan Nilai NTPI Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021 cukup bagus.

Dengan adanya kegiatan ini, menurutnya dapat diukur keberhasilan perkembangan pada sektor perikanan. Berdasarkan Laporan Analisis dari LPPM UBB bahwa untuk Nilai Konsumsi Ikan (NKI) = 61,40 kg/Kap/Th atau 168,22 gr/Kap/hari, untuk Nilai Tukar Nelayan (NTN) = 116,04 atau naik dibandingkan NTN Tahun 2020 sebesar 108, untuk Nilai Tukar Pembudidaya Ikan (NTPI) = 105,57 (dibulatkan menjadi 106) atau turun dibandingkan tahun 2020 sebesar 106,80 (dibulatkan menjadi 107).

“Secara keseluruhan nilai NKI, NTN dan Nilai NTPI Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021 cukup bagus karena rata-rata sudah di atas nilai 100. Semoga dengan hasil yang cukup bagus ini akan menuju perikanan yang semakin unggul,” harap Taufik.

Hadir dalam kegiatan ini Perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Perwakilan BPS Kabupaten Bangka Tengah, Perwakilan Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah, Kabag Perekonomian Sekda Bangka Tengah, Perwakilan ISPIKANI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Perwakilan Balai Benih Ikan Koba, Penyuluh Perikanan se-Kabupaten Bangka Tengah, Perwakilan Poklahsar Desa Kurau Barat, Perwakilan KUB Desa Trubus, Perwakilan Koperasi Tani Nelayan Desa Kulur Ilir, Perwakilan Koperasi Produsen Perikanan Barokah Desa Terentang, UPP Kolong Selawang Segantang, para undangan lainnya.* (YHP/WEE/Foto:YHP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah