Home Berita Instansi dan Kementerian Ini Alasan Pembangunan Jalan Desa Belilik dan Desa Kerakas, Siapakah yang Terlibat?

Ini Alasan Pembangunan Jalan Desa Belilik dan Desa Kerakas, Siapakah yang Terlibat?

676
0
SHARE
Ini Alasan Pembangunan Jalan Desa Belilik dan Desa Kerakas, Siapakah yang Terlibat?

SUNGAISELAN – Pembangunan jalan yang menghubungkan antara Desa Belilik Kecamatan Namang dan Desa Kerakas Kecamatan Sungaiselan secara resmi dimulai. Hal ini ditandai dengan dilakukannya Ground Breaking oleh Danrem 045/Garuda Jaya, Brigjen TNI Ujang Darwis bersama Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, Selasa (14/03/2023).

Selain diresmikannya pembangunan jalan, tepatnya di Kantor Desa Kerakas, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dan Korem 045/Garuda Jaya saling berkolaborasi menyelenggarakan pengobatan gratis, khitanan hingga bantuan untuk anak penderita stunting yang ada di wilayah Desa Kerakas dan sekitarnya.

Algafry mengungkapkan masyarakat Desa Belilik dan Desa Kerakas sudah lama mendambakan jalan untuk menghubungkan kedua desa ini. Meskipun sebelumnya jalan ini sudah bisa dilalui, namun kondisi saat ini jalan masih belum rata dan belum memberikan rasa aman terutama bagi masyarakat petani.

“Alhamdulillah, hari ini kita sudah memulai pembangunan jalan untuk menghubungkan kedua desa. Ini merupakan partisipasi dari semua pihak mulai dari Korem 045/Garuda Jaya, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Tengah dan tentunya masyarakat,” ungkapnya.

Dengan panjang jalan sekitar 10,24 km dan lebar kurang lebih 5 meter, selain untuk memperlancar lalu lintas dan menghubungkan kedua desa, Algafry berharap jalan ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas menjual hasil produksi perkebunan.

“Sinergi ini juga merupakan salah satu langkah ketahanan pangan yang kita lakukan dengan tujuan agar masyarakat dapat terbantu dan yang terpenting menumbuhkan perekonomian masyarakat itu sendiri,” ujar Orang Nomor Satu di Bangka Tengah ini.

Senada, Brigjen TNI Ujang Darwis mengatakan pembangunan jalan tersebut berupa karya bakti dan dilakukan secara bergotong royong dengan turut serta melibatkan masyarakat.

“Kita harapkan ini bermanfaat bagi masyarakat dan dapat meningkatkan perekonomian. Selain itu, semangat nilai-nilai gotong royong ingin kita bangkitkan dengan melibatkan partisipasi masyarakat Desa Belilik dan Desa Kerakas dalam pembangunan jalan ini,” jelas Ujang.

Turut dihadiri Kasrem 045/Garuda Jaya, Kapolres Bangka Tengah, Kejari Bangka Tengah, Dandim 0413/Bangka, Sekretaris Daerah Bangka Tengah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bangka Tengah, Kepala DPUTRP Bangka Tengah, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bangka Tengah, Camat Sungaiselan, Camat Namang, Kepala Desa Kerakas, Kepala Desa Belilik, dan masyarakat Desa Kerakas.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Prayogi J

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Prayogi J