Home Berita Instansi dan Kementerian Jaga Kestabilan Pasokan Pangan, Algafry Pastikan Gerakan Pangan Murah Terus Ada Selama Ramadan

Jaga Kestabilan Pasokan Pangan, Algafry Pastikan Gerakan Pangan Murah Terus Ada Selama Ramadan

318
0
SHARE
Jaga Kestabilan Pasokan Pangan, Algafry Pastikan Gerakan Pangan Murah Terus Ada Selama Ramadan

KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, dalam hal ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) untuk menyetabilkan pasokan dan harga pangan. Menyasar masyarakat seputaran Kota Koba, kegiatan ini diadakan di Halaman Polsek Koba, Bundaran Tugu Ikan, Jumat (15/03/2024) pagi.

Gerakan Pangan Murah ini, merupakan salah satu program dari Badan Pangan Nasional (BAPANAS). Produk pangan yang dijual meliputi beras, minyak goreng, gula, cabai, telur ayam, serta beberapa produk pangan lainya, dan semua produk ini dijual di bawah harga pasar.

Hadir memantau langsung di lokasi, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, mengungkapkan bahwa kegiatan ini akan terus digelar di setiap kecamatan di Bangka Tengah.

"Ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menjaga kestabilan pasokan dan harga pangan di Bangka Tengah. Seluruh kecamatan nanti akan kita jadwalkan kegiatan serupa, dan sudah saya koordinasikan dengan teman-teman di dinas bahwa kegiatan ini akan terus kita laksanakan setidaknya satu minggu sekali," ungkap Bupati.

Dikatakannya, melambungnya harga beras juga menjadi fokus utama Pemkab.

"Harga beras ini yang paling kita usahakan, agar dapat terjangkau oleh masyarakat kita, seperti kegiatan hari ini, untuk beras Bulog dan jenis premium kita sediakan ada sebanyak kurang lebih 7 ton," lanjutnya.

Bupati juga berharap, kegiatan ini dapat meringankan beban masyarakat.

"Semoga kegiatan seperti ini bisa membantu. Intinya, semua kegiatan yang kita laksanakan tujuannya adalah untuk memudahkan masyarakat," pungkasnya.

Kepala Dinas Peridustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Tarmin, juga terlihat turut hadir bersama Bupati.

"Kegiatan ini adalah salah satu sinergi dari Pemerintah Provinsi bersama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota. Bupati Bangka Tengah juga sudah banyak mengagendakan kegiatan pasar murah seperti ini," ucapnya ketika ditemui di tempat yang sama.

Ia juga berterima kasih kepada bupati yang telah mengagendakan cukup banyak kegiatan Gerakan Pangan Murah di Bangka Tengah.

"Saat ini harga beras memang masih cukup tinggi di pasaran, maka kita laksanakanlah kegiatan operasi pasar, dengan harga selisih sekitar Rp3000,00. Dengan banyaknya kegiatan pasar murah di Bangka Tengah, kami merasa sangat terbantu dan terima kasih kepada Bapak Bupati yang sudah mengoordinir," pungkasnya.

Diketahui, harga pangan yang disediakan di Gerakan Pangan Murah kali ini antara lain adalah beras bulog berada di harga Rp53.000,00/5kg, beras medium Rp75.000,00/5kg, beras premium Rp80.000,00/5kg, minyak goreng Rp32.000,00/2kg, serta cabai merah Rp50.000,00/kg.* Sumber: Diskominfosta Bateng

Penulis: Onie R. Bana

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Redoh Soniman