Home Daerah Jalankan Arahan Presiden RI, Algafry Perkuat Produk Lokal Bangka Tengah

Jalankan Arahan Presiden RI, Algafry Perkuat Produk Lokal Bangka Tengah

480
0
SHARE
Jalankan Arahan Presiden RI, Algafry Perkuat Produk Lokal Bangka Tengah

KOBA – Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman hadir secara daring dalam arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) kepada Gubernur, Bupati, Walikota dan Sekretaris Daerah se-Indonesia terkait Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dalam acara evaluasi Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, Selasa (24/05/2022).

Dalam arahan yang turut diselenggarakan secara luring di Jakarta Convention Center (JCC), Presiden meminta agar produk-produk lokal unggulan untuk dapat segera masuk ke e-katalog lokal.

“Saya minta kepada Gubernur, Bupati, Wali Kota, Sekda, yang paling penting sekarang adalah bagaimana produk-produk lokal, produk-produk unggulan itu segera bisa masuk dalam e-katalog lokal,” tegasnya.

Diungkapkan Presiden, dengan kemudahan dalam membangun e-katalog lokal, Pemerintah Daerah (Pemda) seharusnya dapat segera merealisasikan hal tersebut dikarenakan pemerintah melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) telah memberikan kemudahan syarat dalam pembangunan e-katalog lokal.

Ditemui di pendopo rumah dinasnya seusai arahan Presiden, Algafry Rahman, mengatakan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah sangat mendukung P3DN melalui e-katalog lokal ini. Ia juga mengatakan pihaknya saat ini tengah menindaklanjuti hal tersebut.

“Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah sangat mendukung hal ini, dan salah satunya saya minta kepada Disperindagkop-UKM Bangka Tengah untuk memperkuat pemberdayaan produk UMKM kita baik dari sisi kualitas produk, kemasan dan juga termasuk ketersediaannya,” ungkap Algafry.

“Dan tentu dengan e-katalog lokal yang diisi dengan produk-produk lokal serta unggulan ini akan menunjang perekonomian UMKM kita juga kedepannya,” ujar Algafry.

Menambahkan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Bateng, Joko Triadhi, mengungkapkan Surat Keputusan (SK) terkait e-katalog lokal ini sudah disiapkan dan akan diajukan ke LKPP.

“Nanti kita upayakan dan minta kepada LKPP agar slot e-katalog dapat dibuka sehingga nanti kita bisa menginput produk-produk lokal Bangka Tengah yang bisa kita masukkan,” jelas Joko.

“Jadi nanti kawan-kawan di perangkat daerah, ketika pengadaan bisa memilih di e-katalog lokal tersebut. Walaupun sebetulnya, penggunaan produk-produk lokal Bangka Tengah saat ini juga sudah dilakukan oleh perangkat-perangkat daerah,” sambungnya.

Ia juga mengatakan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sudah mengarahkan agar perangkat daerah dalam kegiatan pengadaannya mengutamakan penggunaan produk-produk lokal khususnya lokal Bateng.

“Jadi, ini akan kita lakukan secara bertahap, kita fokuskan dulu ke produk-produk UMKM seperti makanan dan kerajinan. Bupati Bateng juga ingin menggelorakan produk-produk unggulan Bateng, seperti salah satunya penggunaan Batik Pakis untuk hari-hari besar,” ungkapnya lebih lanjut.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Prayogi J

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Redoh Soniman / Youtube Sekretariat Presiden