Home Berita Instansi dan Kementerian Jelang Idul Fitri, Pemkab Bangka Tengah Gelar Apel Siaga Pangan Guna Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan

Jelang Idul Fitri, Pemkab Bangka Tengah Gelar Apel Siaga Pangan Guna Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan

297
0
SHARE
Jelang Idul Fitri, Pemkab Bangka Tengah Gelar Apel Siaga Pangan Guna Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan

LUBUK BESAR – Untuk menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2024, Badan Pangan Nasional melaksanakan Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan melalui kegiatan Gerakan Pangan Murah yang digelar di 38 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota secara hybrid baik daring maupun luring.

Di Kabupaten Bangka Tengah dilaksanakan melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) dengan menggelar Apel Siaga sekaligus Gerakan Pangan Murah (GPM) ini di Lapangan Pasar Malam, Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Senin pagi (01/04/2024).

Stabilisasi pasokan dan harga pangan melalui kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM), merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat memperoleh bahan pangan dengan harga yang terjangkau, dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga, serta pengendalian inflasi pangan.

Turut berkontribusi dalam kegiatan ini, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menyampaikan tujuan dari Gerakan Pangan Murah ini dilaksanakan.

"Tujuan dari GPM ini antara lain menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok, baik di tingkat produsen maupun konsumen, serta untuk meningkatkan keterjangkauan dan daya beli pangan pokok bagi masyarakat," ucap bupati.

Diketahui, kegiatan GPM kali ini bekerja sama dengan beberapa lintas sektor antara lain Bulog, Id Food, UMKM, KWT, Kelompok Tani, PT Dolphin, PT Charoen.

Adapun produk yang dijual seperti beras SPHP dengan stok sebanyak 8 ton, dijual dengan harga Rp53.000/5 kg, minyak goreng merek Fortune dengan stok sebanyak 150 liter dijual dengan harga Rp16.500/kg, stok gula pasir sebanyak 100 kg dijual dengan harga Rp16.000/kg, stok tepung terigu sebanyak 100kg dijual dengan harga Rp12.500/kg, stok daging kerbau beku sebanyak 100 kg dijual dengan harga Rp80.000/kg.

Stok minyak goreng merek Camar sebanyak 228 liter dijual dengan harga Rp32.000/2 liter, stok tepung terigu sebanyak 20 kg dijual dengan harga Rp11.000/kg, stok telur sebanyak 1.800 butir dijual dengan harga Rp1.900/butir (60 rak dengan harga/rak Rp54.000) dan berbagai produk UMKM lainnya.

"Alhamdulillah, begitu banyak komoditi pangan yang kita tawarkan kepada masyarakat, tentu dengan harga yang lebih murah. Kita hadirkan di sini kebutuhan pokok yang paling dibutuhkan oleh masyarakat, dan tadi ada sedikit antrian pada stan pasokan beras yang kita sediakan sebanyak 8 ton," ungkap Algafry ditemui usai kegiatan.

Dirinya juga berharap, dengan adanya GPM ini dapat membantu masyarakat di Bangka Tengah.

"Semoga apa yang kita lakukan pada hari ini mendapat berkah dari Allah Swt serta memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan. Bulan Ramadan bulan mulia, perbanyaklah amal dan ibadah. Mari kita bergerak bersama penuhi kebutuhan pangan masyarakat melalui Gerakan Pangan Murah," pungkasnya.

Di tempat yang sama, kehadiran Bupati juga untuk meresmikan Kantor Desa Perlang yang baru, menyerahkan sebanyak 49 paket sembako dan beras, serta 20 santunan untuk anak yatim.

"Desa Perlang mulai berbenah diri dengan membangun Kantor Desa yang baru. Mudah-mudahan dengan peresmian kantor baru ini, pelayanan kepada masyarakat dapat lebih baik lagi," pesan Bupati Bangka Tengah.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Onie R. Bana

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Redoh Soniman