Home Daerah Kabar Gembira, Seleksi Paskibraka 2022 Untuk Pelajar Telah Dimulai

Kabar Gembira, Seleksi Paskibraka 2022 Untuk Pelajar Telah Dimulai

7,125
2
SHARE
Kabar Gembira, Seleksi Paskibraka 2022 Untuk Pelajar Telah Dimulai

Koba - Ratusan peserta mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Bangka Tengah (Bateng) 2022 selama 2 hari dari tanggal 15 Maret sampai tanggal 17 Maret 2022.

Seleksi Paskibraka yang digelar Pemkab Bateng melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) itu dipusatkan di Gelanggang Olahraga (GOR) Tenis Lapangan di kawasan perkantoran Pemkab Bateng, di Kecamatan Koba, Selasa (15/03/2022). Kegiatan ini bertujuan untuk persiapan menyambut HUT ke-77 RI pada Agustus 2022 mendatang.

Kepala Dinbudparpora Bateng, Zainal, mengatakan seleksi Paskibraka tingkat kabupaten tersebut akan diikuti sebanyak 120 peserta terdiri atas 58 putra dan 62 putri dari seluruh SMA dan SMK yang ada di Bateng.

Ada 3 tahapan tes awalyang akan diikuti oleh peserta seleksi, yang pertama yakni pemeriksaan berkas kelengkapan calon, kedua tahap tes kesehatan yang meliputi tinggi, berat badan, tensi serta terkait kesehatan lain. Kemudian tes yang ketiga terkait kesamaptaan berupa tes fisik dan wawancara pengetahuan umum dan test Peraturan Baris Berbaris (PBB).

“Tahap tes lanjutan, peserta akan melaksanakan tes tertulis terkait pengetahuan umum, sejarah, UUD 1945, Pancasila dan Bahasa Inggris secara online yang bekerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)," kata Zainal saat dimintai keterangan.

Pada pelaksanaan tahapan seleksi tersebut, diwajibkan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan arahan dan kebijakan yang ditetapkan Pemerintah, seperti menjaga jarak, mencuci tangan dan lainnya.

"Dari 120 peserta yang mengikuti seleksi, nantinya akan dipilih 36 orang yang terdiri atas 18 peserta laki-laki dan 18 peserta perempuan yang akan lolos mengikuti pelatihan Paskibra Kabupaten Bangka Tengah. Selain itu Kabupaten Bangka Tengah juga akan mengirim utusan ke provinsi ada 6 orang terdiri dari 3 orang putra dan 3 orang putri yang pelaksanaannya di tingkat provinsi pada tanggal 10 sampai 13 Mei, jadi total keseluruhannya 42 orang" jelasnya.

Proses tahapan seleksi akan dilakukan oleh tim penguji dari Dinbudparpora Bateng serta melibatkan Koramil 413/04 Koba, anggota Polres Bateng, Satpol-PP Bateng, RSUD Bateng dan purna Paskibraka Bateng dengan total 18 orang dan dibantu tim panitia dari Dinbudparpora Bateng sebanyak 6 orang.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Wahyu Nurakhman yang mewakili Bupati Bateng, menyampaikan kepada calon Paskibraka yang akan mengikuti tes seleksi ini agar dapat mempersiapan diri, baik fisik maupun mental.

“Seleksi ini bukan segalanya, ikuti dengan sebaik-baiknyanya, tunjukkanlah jati diri seorang pelajar, orang yang berpendidikan, bersainglah secara sehat dan apabila belum terpilih baik di kabupaten maupun provinsi jangan kecewa dan jangan patah semangat. Peserta seleksi calon Paskibraka ini merupakan pemuda pemudi terbaik generasi penerus bangsa, apabila nanti belum terpilih sebagai Paskibraka, masih dapat mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif,” pungkasnya.

Beliau juga berharap proses seleksi ini berjalan lancar dan peserta yang mengikuti seleksi bisa memberikan kemampuan terbaiknya sebab tugas Paskibraka ini sangat mulia yakni menaikkan dan menurunkan Sang Saka Merah Putih untuk memperingati HUT ke-77 RI.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Gusti I. Gunawan

Editor: Asti P.

Fotografer: Gusti I. Gunawan