Home Berita Instansi dan Kementerian Kejar Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting, Algafry Fokuskan Penanganan dari Hulu ke Hilir

Kejar Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting, Algafry Fokuskan Penanganan dari Hulu ke Hilir

718
0
SHARE
Kejar Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting, Algafry Fokuskan Penanganan dari Hulu ke Hilir

PANGKALAN BARU – Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bateng, Zaitun, resmi membuka Pertemuan Koordinasi dan Konvergensi Stunting Bersama Lintas Program dan Lintas Sektor Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2022 yang diselenggarakan di Ruang Tanjung Kelayang II, Hotel Santika Bangka, Kecamatan Pangkalan Baru.

Sebanyak 62 peserta yang terdiri dari perwakilan OPD, Forum Anak Bangka Tengah, Camat se-Bateng, Kepala Puskesmas se-Bateng, Pengelola Program Gizi, 13 Kepala Desa (Kades) Lokus Stunting dan Dinas Kesehatan hadir dalam pertemuan yang bertujuan untuk mempercepat pencegahan dan penurunan stunting di Bangka Tengah, Kamis (14/07/2022).

Algafry menekankan pentingnya penanganan dari hulu ke hilir mulai dari program edukasi kepada remaja putri, ibu hamil, bayi serta balita hingga intervensi gizi untuk mencegah stunting.

“Dalam pencegahan dan penurunan stunting ini harus juga ada komitmen dan keterpaduan dari semua sektor baik dari Pemerintah Kabupaten hingga Pemerintah Desa,” kata Algafry.

Lebih lanjut, Algafry mengatakan untuk mencegah serta menurunkan stunting, salah satu nya adalah mengajak perangkat kelurahan/desa melakukan penguatan tugas dan fungsi Posyandu serta edukasi bagi masyarakat terhadap pentingnya pendidikan.

“Kita juga harus bersama-sama mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan pendidikan terutama pada anak-anak yang putus sekolah. Kepala Desa atau Lurah bersama PKK Desa terus melakukan penguatan Posyandu di desa masing-masing,” imbuh Algafry.

Ia berharap para peserta yang hadir dapat saling bertukar pikiran satu sama lain untuk bersama-sama mencegah dan menurunkan stunting di Bangka Tengah ini.

“Pertemuan ini juga merupakan salah satu upaya atau langkah kita untuk duduk bersama. Jangan hanya sekedar hadir, tetapi bagaimana kita bersama-sama berkoordinasi dan berkonsolidasi untuk mencegah stunting,” katanya.

Narasumber dalam pertemuan ini yakni Perwakilan Badan Perencanaan, Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Bateng, TP-PKK Bateng, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Bateng dan Dinas Kesehatan Bateng.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Prayogi J

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Prayogi J