Home Berita Terkini Kelola Air Bersih dengan Optimal, Dinsos-PMD Bangka Tengah Tingkatkan Kapasitas KP-SPAMS PAMSIMAS

Kelola Air Bersih dengan Optimal, Dinsos-PMD Bangka Tengah Tingkatkan Kapasitas KP-SPAMS PAMSIMAS

74
0
SHARE
Kelola Air Bersih dengan Optimal, Dinsos-PMD Bangka Tengah Tingkatkan Kapasitas KP-SPAMS PAMSIMAS

Pangkalan Baru - Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos-PMD) Bangka Tengah gelar pelatihan Peningkatan Kapasitas KP-SPAMS PAMSIMAS di Soll Marina Pangkalan Baru, Rabu (23/06/2021).

Hadir membuka kegiatan ini Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., bersama Wakil Bupati, Herry Erfian, S.T., didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Drs. Sugianto, M.Si.

Sebelum dimulai, Juli Agustian, S.H., selaku Kasi Sumber Daya Alam, Teknologi Tepat Guna dan Usaha Ekonomi Masyarakat dari Dinsos-PMD menyampaikan laporan kegiatan. Disebutkan Juli, kegiatan ini digelar 3 hari dari Rabu (23/06/2021) hingga Jumat (25/06/2021) dengan jumlah peserta 28 orang yang merupakan Ketua Kelompok Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi dari Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (KP SPAMS PAMSIMAS) se-Bangka Tengah.

Disebutkan Algafry dalam sambutannya, air sebagai bagian dari sumber daya air merupakan cabang produksi penting dan menguasai hajat hidup orang banyak yang dikuasai oleh negara untuk dipergunakan bagi sebesar-besar kemakmuran rakyat, sehingga dengan adanya pelatihan ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Bapak/Ibu, ketersediaan air yang cenderung menurun dan kebutuhan air yang semakin meningkat menyebabkan sumber daya air perlu dikelola dengan memperhatikan fungsi sosial, lingkungan hidup, dan ekonomi secara selaras untuk mewujudkan sinergi dan keterpaduan antar wilayah, antarsektor, dan antar generasi guna memenuhi kebutuhan rakyat atas air,” ujar Bupati Bangka Tengah.  

Algafry juga menyampaikan pentingnya pengelolaan air bersih khususnya di Bangka Tengah, sehingga diharapkan para peserta serius mempelajari setiap materi pelatihan yang disampaikan oleh narasumber.

“Kepada para peserta, ikutilah kegiatan ini dengan sebaik-baiknya karena yang Anda lakukan ini adalah merupakan salah satu bentuk partisipasi Bapak/Ibu dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan kita demi memajukan desa. Kepada narasumber dan segenap panitia penyelenggara, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya telah turut serta membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Bangka Tengah,” tutupnya.

Narasumber dalam kegiatan ini antara lain Kepala Dinas Sosial-PMD Kabupaten Bangka Tengah, Kepala bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Ekonomi Desa, Tenaga Ahli ROMS-5 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan ROMS-5 Kabupaten Bangka Tengah, Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah.  

KP-SPAMS merupakan lembaga masyarakat untuk mengelola sarana air minum hasil kegiatan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) yang dijalankan oleh Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR. Tujuan pelatihan kali ini adalah meningkatkan kapasitas pengurus KP-SPAMS dalam mengelola SPAMS yang berkelanjutan, memperkuat partisipasi masyarakat terhadap keberlanjutan pasca pelaksanaan pembangunan sarana dan prasarana air minum dan sanitasi, juga meningkatkan pengetahuan dan keterampilan KP-SPAMS dalam menyusun perencanaan 100% akses air minum dan sanitasi desa.

Pembiayaan untuk kegiatan Peningkatan Kapasitas KP-SPAMS ini bersumber dari Dana APBD Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Tengah Tahun Anggaran 2021.* (APJ/WKN/Foto:YHP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah