Home Berita Instansi dan Kementerian Kembangkan Teknologi Perikanan, Bangka Tengah Kerja Sama Dengan Polman Babel

Kembangkan Teknologi Perikanan, Bangka Tengah Kerja Sama Dengan Polman Babel

463
0
SHARE
Kembangkan Teknologi Perikanan, Bangka  Tengah Kerja Sama Dengan Polman Babel

BANGKA – Bertempat di Gedung Auditorium Serba Guna Kampus Politeknik Manufaktur Negeri (Polman) Bangka Belitung (Babel), Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) menjalin kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan MoU antara Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, dengan Direktur Polman Babel, I Made Andik Setiawan, Rabu (18/10/2023).

Penandatanganan MoU ini dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Imam Soehadi, dengan Direktur Polman Babel, I Made Andik Setiawan, tentang Penyelenggaraan Penelitian dan Pengembangan Teknologi Perebusan dan Pengeringan Ikan di Desa Batu Belubang, Bangka Tengah.

Sebelum penandatanganan dilakukan, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, didaulat sebagai narasumber Kuliah Umum bagi civitas akademika dalam gebyar kegiatan Dies Natalis Polman Babel.

Dalam keterangannya, Algafry menyampaikan tujuan dilakukannya MoU antara Pemkab Bateng dengan Polman Babel ini sebagai kerja sama pengembangan teknologi sektor perikanan di Kabupaten Bangka Tengah.

"MoU ini kita lakukan untuk dapat mengembangkan teknologi di bidang perikanan dan kelautan yang ada di Bangka Tengah. Tentunya kita sangat berharap adanya sumbangsih ide dan gagasan dari teman-teman Polman Babel dalam penerapan teknologi pada perikanan kita yang dapat berimbas pada kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Dikatakannya, kerja sama Pemkab Bateng dengan Polman Babel yang berlaku hingga Desember 2025 ini merupakan kali pertama dilakukan sejak berdirinya Kabupaten Bangka Tengah.

"Ini yang pertama kita kerja sama dan berlaku selama dua tahun. Nanti berakhir di 31 Desember 2025," kata Algafry.

Lebih lanjut Bupati Bateng ini menjelaskan alasan dipilihnya Polman Babel sebagai mitra dikarenakan Polman Babel merupakan perguruan tinggi negeri vokasi yang memiliki reputasi dan keunggulan khusus di bidang manufaktur. Keunggulan ini telah menghasilkan karya teknologi terapan bidang perikanan, pertanian, dan sektor ekonomi kerakyatan lainnya.

Sementara itu, Imam Soehadi, selaku Kepala Dinas Perikanan Bateng menjelaskan bahwa penandatanganan PKS ini merupakan salah satu langkah dari Pemkab Bateng untuk memperkuat dukungan dalam menghasilkan produk perikanan.

"Kerja sama ini merupakan upaya Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah untuk mendorong dan memperkuat hilirisasi produk perikanan melalui prototipe sarana perebusan dan pengeringan ikan yang didanai oleh APBD Kabupaten Bangka Tengah TA 2023, khususnya Dana Insentif Fiskal TA 2023," ungkap Imam.

Imam berharap kerja sama sektor perikanan melalui pengembangan teknologi ini dapat menghasilkan produk perikanan yang berkualitas.

"Harapannya setelah PKS ini akan ada penerapan prototipe teknologi sarana usaha pengolahan ikan kering dan perebusan ikan, khususnya di Batu Belubang, sehingga bisa meningkatkan kualitas produk perikanan yang sesuai standar keamanan pangan, higienis, dan berdaya saing," imbuhnya.

Selaku Direktur Polman Babel, I Made Andik Setiawan menyambut baik kerja sama dengan Pemkab Bateng dalam hal pengembangan teknologi sektor perikanan ini.

"Kami berterimakasih karena Pemkab Bateng mempercayakan pengembangan teknologi bidang perikanannya bersama kami. Semoga kerja sama ini bisa dilanjutkan dengan pengembangan bersama dinas lain yang ada di Bateng," ujar Direktur Polman Babel.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Yudi Rispandy

Editor: Asti Pradiajayanti

Fotografer: Yudi Rispandy