Home Berita Instansi dan Kementerian Kemendagri Launching e-Perda, Permudah Layanan Pembuatan Perda di Bangka Tengah

Kemendagri Launching e-Perda, Permudah Layanan Pembuatan Perda di Bangka Tengah

1,556
0
SHARE
Kemendagri Launching e-Perda, Permudah Layanan Pembuatan Perda di Bangka Tengah

Koba - Mewakili Bupati Bangka Tengah (Bateng), Pittor selaku Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bateng mengikuti kegiatan zoom meeting Launching e-Perda yang diprakarsai oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Aplikasi ini diperuntukkan bagi 405 kabupaten/kota se-Indonesia, sebagai upaya sinergitas dan akselerasi pembentukan produk hukum daerah berbasis digital bertempat di Smart Meeting Room Bangka Tengah, Selasa (09/03/2022).

Aplikasi e-Perda ini merupakan terobosan untuk meningkatkan dan mendayagunakan kecepatan teknologi, informasi dan komunikasi dalam hal fasilitasi dan koordinasi seluruh rancangan produk hukum daerah.

Menurut Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) Akmal Malik, tujuannya agar produk hukum itu sejalan dan harmonis dengan peraturan perundang-undangan serta kebijakan pembangunan nasional yang telah ditetapkan Pemerintah.

“e-Perda ini juga salah satu bentuk untuk pelayanan yang lebih cepat, dan lebih murah. Kami berharap ke depan mudah-mudahan kolaboratif governance yang kita coba galang kedepan, akan bisa kita aplikasikan dengan baik,” jelasnya.

Dirjen Otda Kemendagri menambahkan, ke depan, e-Perda juga akan diintegrasikan dengan SIPD dan beberapa sistem informasi lainnya yang ada di Kemendagri, agar inovasi yang dihadirkan Kemendagri, bisa hadir melayani pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dengan baik.

Menanggapi hal ini, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bateng, Pittor yang didampingi oleh Kabag Hukum Setda Bateng beserta jajarannya berharap, dengan adanya e-Perda ini maka proses penyusunan Perda lebih mudah dan terjamin kualitasnya.

“Tidak lagi di batasi oleh waktu dan tempat serta setiap saat kita bisa mengajukan Perda untuk mendapatkan koreksi dan rekomendasi oleh lembaga yang lebih tinggi. Banyak sekali manfaat lainnya yang bisa kita dapat dari e-Perda ini,” ungkapnya.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Pratama P Anggara

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Pratama P Anggara