Home Berita Terkini Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Tengah Hadiri Penilaian Lomba PHBS di Desa Trubus

Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Tengah Hadiri Penilaian Lomba PHBS di Desa Trubus

202
0
SHARE
Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Tengah Hadiri Penilaian Lomba PHBS di Desa Trubus

Lubuk Besar - Ketua TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah, drg. Eva Algafry, menghadiri Penilaian Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Tahun 2021 di Desa Trubus Kecamatan Lubuk Besar, Rabu (15/09/2021).

Hasunah Eriyanti, S.E., M.M. selaku Panitia Penilaian PHBS Provinsi Babel mengucapkan terima kasih telah menyambut kedatangan tim penilai dengan baik. Disebutnya, PHBS bertujuan untuk menjalani hidup sehat yang bisa diterapkan dalam keluarga dan masyarakat sehingga perlu diadakan setiap tahun.

“Semua ini untuk menghargai usaha-usaha yang telah dilakukan di tengah masyarakat supaya PHBS ini menjadi perilaku masyarakat dan keluarga. Harapannya PHBS menjadi kebiasaan kita sehari-hari, yaitu menggunakan sabun saat mencuci tangan, juga memakan buah dan sayur. Lomba ini untuk menggali bagaimana PHBS ini sudah diterapkan,” jelasnya.

Hal ini ditanggapi Gustianasari selaku Ketua TP-PKK Kecamatan Lubuk Besar yang menyampaikan bahwa masyarakat Lubuk Besar termasuk Trubus, sudah lama melakukan kegiatan PHBS sehari-hari.

“Masyarakat di sini pun sudah hampir semuanya memiliki tanaman sayuran di rumah masing-masing sehingga tidak perlu membeli sayuran di pasar lagi. Kami harapkan PHBS ini bukan hanya lomba saja, namun benar-benar menjadi kebiasaan masyarakat. Semoga acara ini berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala apapun,” tambah Gustianasari.

Saat ditemui, drg. Eva Algafry menyampaikan harapannya agar Bangka Tengah melalui Desa Trubus Kecamatan Lubuk Besar meraih prestasi terbaik pada penilaian lomba PHBS kali ini.

“Ada esensi yang lebih penting dalam konteks pengembangan desa ber-PHBS secara luas, yakni diharapkan masyarakat setempat dapat benar-benar menerapkan pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sesuai dengan indikator PHBS yang dimaksud,” tegas Eva.

Ketua PKK Kabupaten Bangka Tengah ini menyadari bahwa mewujudkan desa ber-PHBS tidaklah mudah, untuk itu pihaknya sangat mengapresiasi keberhasilan Desa Trubus dan berharap kegiatan PHBS ini dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Desa Trubus Ngiat Huang, perwakilan DP3ACSKB Provinsi Babel, Heleze, S.H., perwakilan Dinkes Provinsi Babel, Helma Umami Hendayani, S.K.M., perwakilan Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Fianda Revina Widyastuti, S.K.M., M.Si.

Tim penilai PHBS ini kemudian secara acak menilai terlaksananya 10 indikator PHBS antara lain; (1) persalinan ditolong oleh tenaga Kesehatan, (2) memberi ASI secara eksklusif, (3) menimbang balita setiap bulan, (4) menggunakan air bersih, (5) mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, (6) menggunakan jamban sehat, (7) memberantas jentik nyamuk di rumah, (8) makan sayur dan buah setiap hari, (9) melakukan aktivitas setiap hari, dan (10) tidak merokok dalam rumah. *(AGG/APJ/Foto:DDY)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah