Home Daerah Keunikan dan Cita Rasa Khas Kopi Jelutung, Algafry: KopJel One Maknyus

Keunikan dan Cita Rasa Khas Kopi Jelutung, Algafry: KopJel One Maknyus

854
0
SHARE
Keunikan dan Cita Rasa Khas Kopi Jelutung, Algafry: KopJel One Maknyus

NAMANG – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman meresmikan KopJel One Café & Resto yang bertempat di Desa Jelutung, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah serta mencoba menggiling atau grinding biji kopi Robusta, Rabu (11/01/2023).

KopJel One Café & Resto ini menyuguhkan Kopi bercita rasa tinggi yang mengusung metode organik yang ramah lingkungan yakni KopJel One yang merupakan kopi terbaik karya anak bangsa dari Forum Masyarakat Petani Jelutung I Bangka Tengah.

Ketika ditemui tim Diskominfosta Bangka Tengah, Algafry mengatakan pemerintah daerah selalu sigap dan siap membantu anak-anak muda serta forum yang ada di Bangka Tengah, salah satunya adalah Forum Masyarakat Petani Jelutung I Bangka Tengah yang memproduksi KopJel One ini.

“Kita hari ini menggiling atau memproses biji kopi KopJel One yang ditanam oleh Forum Masyarakat Petani Jelutung I Bangka Tengah. Ini menunjukkan adanya keseriusan dari para petani kopi Desa Jelutung untuk semakin maju dan mengharumkan daerah dalam bidang pertanian khususnya kopi,” ujar Orang Nomor Satu di Bateng ini.

Dikatakan Algafry, sudah sepantasnya selaku Pemerintah Daerah, mempunyai tugas membantu dan memudahkan mereka dalam mewujudkan hal tersebut.

Algafry yang juga meresmikan KopJel One Café & Resto ini berharap KopJel One Desa Jelutung ini dapat semakin terkenal tidak hanya di Bangka Belitung melainkan Indonesia serta go Internasional sebagai kopi yang mempunyai keunikan tersendiri.

“Jadi kalau ingin mencicipi kuliner kopi, silakan datang ke Bangka Tengah, salah satunya di Desa Jelutung, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah. Rasakan kopi Bangka Belitung, KopJel One Maknyus,” tutur Algafry.

Sementara itu, Muhammad Ikbal selaku pengurus Forum Masyarakat Petani Jelutung I Bangka Tengah serta pemilik KopJel One Cafe & Resto menjelaskan saat ini mereka menjual serta memproduksi kopi mulai dari green bean, roast bean serta bubuk kopi.

“Kita disini mempunyai kebun sendiri, jadi mulai dari penanaman, panen hingga pengolahan kita lakukan disini. Saat ini kita juga punya kurang lebih 4 hektar kebun kopi ditambah lagi dibantu 10.713 benih kopi,” ungkap Ikbal.

Ikbal mengakui saat ini produk KopJel One sudah dijual baik ke café maupun hotel yang ada di Pangkalpinang serta juga di Jakarta khususnya di BSD Serpong. Ia juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah yang sudah membantu petani kopi yang ada di Bangka Tengah.

“Alhamdulillah, untuk mesin roasting kita dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Kita harapkan Pemerintah dapat terus mendukung petani kopi yang ada di Bangka Belitung khususnya Bangka Tengah. Kopi Bangka itu gak kalah asyik dari kopi luar,” katanya.

Turut dihadiri Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP), Kepala Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Bangka Belitung, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bangka Tengah, Camat Namang, Kepala Desa Jelutung, Pimpinan Pondok Pesantren Salafiyah Radulatul Muta’allimin Al-Baisuny dan tamu undangan lainnya.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Prayogi J

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Deanty Nursyahfitri