Home Berita Instansi dan Kementerian Konvergensi Stunting Lintas Sektor, Algafry: Lakukan Kolaborasi dan Tindakan Nyata

Konvergensi Stunting Lintas Sektor, Algafry: Lakukan Kolaborasi dan Tindakan Nyata

363
0
SHARE
Konvergensi Stunting Lintas Sektor, Algafry: Lakukan Kolaborasi dan Tindakan Nyata

PANGKALAN BARU – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Sugianto, menghadiri pertemuan Koordinasi dan Konvergensi Stunting Bersama Lintas Program dan Lintas Sektor Tingkat Kabupaten Bangka Tengah di Ballroom Hotel Grand Vella, Kecamatan Pangkalan Baru, Jumat (02/09/2022).

Penurunan angka stunting di Kabupaten Bangka Tengah masih menjadi salah satu fokus yang digiatkan oleh pemerintah daerah. Untuk itu Pemkab Bangka Tengah bergerak cepat dengan mengadakan langkah lanjutan konvergensi lintas program dan lintas sektor ini.

Dalam sambutannya, Algafry Rahman mengajak semua lini agar dapat berkolaborasi dan bertindak nyata dalam penurunan angka stunting di Bangka Tengah.

"Saya mengajak semua stakeholder dan semua OPD untuk bersama-sama bergerak. Dengan kerja sama semua pihak, harapannya akan membuat suksesnya penurunan angka stunting ini," ujarnya.

Algafry juga menyampaikan agar penyelesaian permasalahan stunting ini difokuskan pada penyebab yang menjadi akar dari permasalahan stunting.

"Coba kita lihat ada berapa variabel yang menjadi kriteria penilaian terkait angka stunting ini, di situlah kita mengkaji bersama-sama bagian mana yang menjadi fokus penyelesaian targetnya. Dengan adanya pertemuan ini, kita harus segera menghasilkan sesuatu dan segera kita lakukan tindakan nyata sesuai tujuan kita yaitu menurunkan angka stunting," lanjut Algafry.

Bupati juga berharap agar penyelesaian masalah stunting di beberapa desa yang menjadi Lokasi Fokus (Lokus) penurunan stunting dikerjakan secara bersama mulai dari kepala desa, camat, pihak Puskesmas dan pihak-pihak yang terkait dengan berfokus pada variabel yang menyebabkan desa tersebut menjadi Desa Lokus Stunting.

Sementara itu, Kepala Bapelitbangda sekaligus Wakil Ketua 3 Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), Joko Triadhi, menyampaikan pertemuan ini sebagai pemantapan terkait langkah dan tindakan untuk menurunkan angka stunting di Bangka Tengah.

"Pertemuan ini adalah untuk penguatan peran TPPS dalam penurunan angka stunting. Tim ini sudah dibentuk berdasarkan SK Bupati. Dalam pertemuan ini juga kami mulai berkoordinasi untuk bergerak secara bersama-sama agar lebih efektif bagi kawan-kawan di perangkat daerah," ujarnya.

"Setelah ini kami akan membahas langkah-langkah konkrit apa yang akan dilakukan sesuai dengan arahan Bapak Bupati dan Bapak Sekda agar angka stunting di Bangka Tengah terus menurun," lanjutnya.

Hadir sebagai undangan pertemuan ini para Kepala OPD dan Camat se - Pemkab Bangka Tengah, para Kepala Desa yang menjadi Lokus Stunting, dan Kepala Puskesmas se - Bangka Tengah.

*Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Yudi Rispandy

Editor: Asti P.

Fotografer: Prayogi Januardi