Home Berita Instansi dan Kementerian Koperasi Nelayan se-Bangka Belitung Terima Bantuan Peralatan Tangkap Ikan

Koperasi Nelayan se-Bangka Belitung Terima Bantuan Peralatan Tangkap Ikan

501
0
SHARE
Koperasi Nelayan se-Bangka Belitung Terima Bantuan Peralatan Tangkap Ikan

SUNGAISELAN – Sebanyak 25 Koperasi Nelayan Indonesia (Koneli) yang ada di Provinsi Bangka Belitung (Babel) menerima bantuan sarana dan prasarana usaha perikanan tangkap yang diberikan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Babel yang bekerja sama dengan Dinas Perikanan se-Kabupaten/Kota di Babel.

Kegiatan yang dilangsungkan di gedung pertemuan Kecamatan Sungaiselan, Senin (13/11/2023) ini, dihadiri oleh Sekretaris DKP Provinsi Babel, Wahyono, yang mewakili Pj. Gubernur Babel. Turut hadir Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, beserta Ketua TP-PKK Bangka Tengah, Eva Algafry, didampingi Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Imam Soehadi.

Wahyono menyampaikan bantuan yang berasal dari Dana Insentif Daerah dan APBD ini dibagikan kepada Koneli yang ada di Babel yang tersebar di setiap kabupaten/kota.

"Kita serahkan ke Koneli se-Babel. Ada sembilan Koneli dari Bangka Barat, lima Koneli dari Bangka Selatan, lima Koneli dari Bangka Tengah, Pangkalpinang dan Bangka masing-masing dua Koneli, dan terakhir satu Koneli dari Belitung dan Belitung Timur. Kita bagikan tool box 220 liter sebanyak 100 unit, mesin tempel 15PK ada 10 unit, lalu mesin tempel 9,8PK sebanyak 46 unit, dan mesin tempel 18PK 22 unit," ungkapnya.

Selain itu, Ia menjelaskan ada beberapa peralatan tangkap ikan yang juga dibagikan seperti jaring kepiting sebanyak 950 unit, lalu jaring udang 850 unit, jaring penangkapan ikan sebanyak 650 unit, dan kawat bubuh berjumlah 650 rol, serta genset 80 unit.

"Ini semua kita bagikan kepada seluruh Koneli sesuai kebutuhan masing-masing. Dan semoga ini dapat meningkatkan produktivitas panen ikan serta meningkatkan kesejahteraan bagi nelayan yang ada di Babel," harapnya.

Saat ditemui, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan terdapat lima Koneli yang berasal dari Kabupaten Bangka Tengah yang turut menerima bantuan ini, antara lain Koneli Sungaiselan, Koptanel Kulur Ilir, Koperasi Barokah, Koperasi Kiara Jaya, dan Koperasi Tanjung Sejahtera.

"Tentu kita bersyukur dengan perhatian yang diberikan oleh pemerintah provinsi terhadap nelayan yang ada di Babel khususnya nelayan kita di Bangka Tengah," ucap Algafry.

Ia menegaskan bahwa peran penting pemerintah dalam memberikan pendampingan di sektor perikanan akan menjadi dorongan dalam mencapai peningkatan produksi tangkap ikan.

"Peran pemerintah dalam membantu para nelayan dengan adanya bantuan ini jelas dapat menjadi faktor meningkatnya produksi kita dalam hal panen ikan tangkap. Dan itu akan meningkatkan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat sesuai dengan tujuan kita," kata Algafry.

Usmin (42), yang merupakan salah satu nelayan penerima bantuan menyatakan bahwa bantuan yang diterima sangat penting dalam kegiatan melaut.

"Alhamdulillah, kami ucapkan terima kasih atas bantuan ini. Ini sangat berarti bagi kami dalam menjalankan aktivitas kami sebagai nelayan dalam mencari nafkah demi memajukan ekonomi keluarga dan daerah. Nelayan sejahtera, negara kuat!" ujar Ketua Koneli Sungaiselan ini.

Selain bantuan sarana dan prasarana alat tangkap ikan, Algafry Rahman juga membagikan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada 83 nelayan yang ada di Sungaiselan.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Yudi Rispandy

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Prayogi Januardi