Home Berita Terkini Kunjungan Kepala Dinas Pangan Bangka Tengah dan Ketua TP PKK Bangka Tengah ke KWT Sekawan Sekampung Kulur Ilir

Kunjungan Kepala Dinas Pangan Bangka Tengah dan Ketua TP PKK Bangka Tengah ke KWT Sekawan Sekampung Kulur Ilir

193
0
SHARE
Kunjungan Kepala Dinas Pangan Bangka Tengah dan Ketua TP PKK Bangka Tengah ke KWT Sekawan Sekampung Kulur Ilir

Lubuk Besar - Kepala Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah kunjungi Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Kebun Bibit Desa (KBD) di Kelompok Wanita Tani (KWT) Sekawan Sekampung Desa Kulur Ilir Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah bersama Ketua TP-PKK Bangka Tengah, Senin (06/09/2021).

Edi Romdhoni, S.P., M.M., selaku Kepala Dinas Pangan Bangka Tengah mengatakan bahwa kunjungan ini dalam rangka mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yakni khususnya agar anak-anak Bangka Tengah bebas stunting dengan penyediaan gizi yang baik.

“Dengan P2L ini setiap rumah tangga bisa menghasilkan sayuran bergizi. Jika gizi buruk bisa kita atasi dengan memberikan asupan gizi yang ibu- ibu hasilkan sendiri dari hasil tanamannya dan kelebihannya jika menanam sendiri akan dijamin bebas dari pestisida yang membahayakan,” jelas Edi.

Edi berharap, dengan kehadiran Ketua Tim Penggerak PKK Bangka Tengah kali ini bisa memberikan dukungan kepada para ibu supaya kegiatan ini terus bisa berkelanjutan.

“Di sini kita melihat bagaimana pertanaman ini dikelola dan bagaimana manajemen kelompok dijalankan. Ternyata usaha ini bisa menghasilkan uang kas sehingga menambah penghasilan,” tambah Edi bangga.

Sementara itu, Eva Algafry selaku Ketua TPP PKK Kabupaten Bangka Tengah mengatakan bahwa anggota KWT Sekawan Sekampung Desa Kulur Ilir dominan anggotanya merupakan anggota PKK. Hal ini disebutnya sesuai dengan tujuan visi misi PKK untuk memperdayakan perempuan khususnya dan meningkatkan perekonomian keluarga.

“Mungkin awalnya konsumsi sendiri, ternyata bisa dikelola menjadi penambahan ekonomi keluarga,” katanya.

Ketua TP-PKK juga mengharapkan agar kegiatan KWT ini bisa terus berlanjut dan semakin baik, karena masih belum setengah tahun sehingga perlu konsisten dan berkelanjutan.

“Dikatakan mandiri itu jika sudah berlangsung 3 tahun. Maka kami berharap upaya ini bisa terus menerus dilakukan, bahkan mungkin akan lebih banyak lagi keanekaragamannya, juga kualitasnya akan lebih bagus. Saya juga berharap bisa menggerakkan Tim Penggerak PKK di kecamatan lain untuk bisa ikut serta, dan KWT ini menjadi percontohan,” jelas Eva.

Ketua TP-PKK Bangka Tengah ini juga mengharapkan agar beberapa KWT yang sudah dianggap berhasil bersedia mengikutsertakan anggota PKK untuk pembinaannya, sehingga anggota PKK dapat meningkatkan penghasilan dan perekonomian, " tambahnya.

Turut hadir dalam acara kunjungan adalah Camat Lubuk Besar, Penyuluh Pertanian Lubuk Besar, Sekretaris Desa Kulur Ilir dan Kelompok KWT Desa Kulur Ilir. * (QRY/UMM/APJ/Foto:RDT)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah