Home Berita Terkini Kunjungi Pengrajin Kayu dan Rajutan, Dekranasda Kabupaten Bateng Komitmen Terus Dukung Pelaku Seni dan UMKM

Kunjungi Pengrajin Kayu dan Rajutan, Dekranasda Kabupaten Bateng Komitmen Terus Dukung Pelaku Seni dan UMKM

90
0
SHARE
Kunjungi Pengrajin Kayu dan Rajutan, Dekranasda Kabupaten Bateng Komitmen Terus Dukung Pelaku Seni dan UMKM

Pangkalan Baru - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kunjungi pengrajin kayu dan rajutan di Desa Air Mesu dan Padang Baru pada Kamis (16/9/2021).

Ketua Dekranasda Kabupaten Bateng, drg. Eva Algafry saat ditemui mengatakan, kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan penuh serta pembinaan kepada pengrajin guna meningkatkan kualitas sumber daya dalam mengembangkan produk yang mereka hasilkan.

"Ini sebagai bentuk dukungan kita untuk memberikan semangat, perhatian serta berdiskusi kepada pengrajin kita agar bisa memberikan saran atau pembinaan agar usaha yang  mereka lakukan berkembang," ucap Eva.

Terkait dukungan yang dilakukan oleh Deskranasda Bateng dalam mengembangkan usaha kerajinan tersebut, dikatakan Eva, Deskranasda berharap Pemerintah Daerah dan instansi terkait untuk ikut serta.

"Tentunya kita juga berharap OPD terkait atau Pemerintah Bangka Tengah untuk mendukung pengrajin-pengrajin di Bangka Tengah. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk memajukan usaha mereka akan terus kita upayakan," jelas Eva.

Selain itu, Eva mengatakan bahwa potensi produk kerajinan seni di Kabupaten Bateng cukup beragam jenisnya. Dari produk tersebut, Ia menyebutkan sangat menarik dan memiliki nilai budaya lokal tersendiri. Oleh sebab itu, Deskranasda merupakan sebuah lembaga yang harus handal dalam mendukung kemandirian ekonomi melalui pengembangan produk yang ada di Bateng.

"Kita punya dambus, kerajinan akar kayu dan kemudian ada resam juga. Jadi sebenarnya kita punya banyak potensi di Bangka Tengah yang bisa kita kembangkan, hanya saja belum terekspos. Perajin juga masih kesulitan dalam hal promosi dan pemasaran. Di sini  Ini peran Deskranasda bersama pemerintah daerah untuk ikut serta membantu kesulitan mereka," tambah Eva.

Pada kunjungan tersebut Eva Algafry didampingi Wakil Ketua Deskranasda Bateng Erlina Erfian, Ketua Harian Deskranasda Elly Irsyah, Wakil Ketua Harian Deskranasda Elshinta Sugianto dan Kepala OPD Disperindagkop-UMKM Kabupaten Bateng. *(IAN/APJ/Foto:RDO)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah