Home Berita Terkini Kunjungi Posyandu Nusa Indah Desa Kurau, Eva Algafry: Tonggak Utama Pencegah Stunting

Kunjungi Posyandu Nusa Indah Desa Kurau, Eva Algafry: Tonggak Utama Pencegah Stunting

125
0
SHARE
Kunjungi Posyandu Nusa Indah Desa Kurau, Eva Algafry: Tonggak Utama Pencegah Stunting

Koba – Bentuk perhatian Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Bunda PAUD Kabupaten Bangka Tengah, drg. Eva Algafry dnegan mengunjungi Posyandu Nusa Indah Desa Kurau Kecamatan Koba, Kamis(14/10/2021) sekaligus memantau kegiatan anak-anak PAUD.

"Alhamdulillah hari ini kita melakukan kunjungan ke Posyandu Nusa Indah. Tujuan dari kunjungan ini karena kami sedang memberi perhatian untuk Posyandu dan juga anak-anak PAUD," ungkapnya.

Eva Algafry memberikan dukungan untuk kegiatan Posyandu karena menurutnya Posyandu sangat penting dalam mengatasi masalah stunting.

"Kami memberikan dukungan untuk kegiatan Posyandu. Hal ini berkaitan dengan pemberantasan masalah stunting. Salah satu tonggak penting dalam mengatasi masalah stunting ada pada Posyandu," ujarnya.

Menurut P2PTM Kemenkes RI, stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan (genetik) dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya. Padahal seperti kita ketahui, genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan (sosial, ekonomi, budaya, politik), dan pelayanan kesehatan. Dengan kata lain, stunting merupakan masalah yang sebenarnya bisa dicegah.

Pada kesempatan yang sama Eva Algafry juga mengajak Bunda PAUD dan Tim Penggerak PKK Desa Kurau untuk bekerja sama dalam memberikan masukan dan dorongan.

"Kita mengajak Bunda PAUD Desa, sekaligus juga Tim Penggerak PKK dari Desa Kurau untuk memberikan masukan kemudian memberikan dorongan juga untuk sama-sama mau bekerja sama dan sama-sama bekerja," pesannya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Tim Penggerak PKK Kecamatan Koba, Ketua TP PKK sekaligus Bunda Paud Desa Kurau.* (RDO/WEE/Foto:DDY)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah