Home Berita Terkini Launching Aplikasi SIPADAT dan SILARON Resmi Dibuka oleh Bupati Bangka Tengah

Launching Aplikasi SIPADAT dan SILARON Resmi Dibuka oleh Bupati Bangka Tengah

578
0
SHARE
Launching Aplikasi SIPADAT dan SILARON Resmi Dibuka oleh Bupati Bangka Tengah

Pangkalanbaru - Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, S.T., menghadiri Launching Aplikasi SIPADAT (Sistem Informasi Pajak Daerah Terpadu) dan SILARON (Sistem Informasi Laporan Retribusi Online) dengan tema "Bangka Tengah Semakin Unggul Semakin Taat Pajak" yang digelar oleh Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Bangka Tengah di Hotel Novotel, Pangkalan Baru, Selasa (13/07/2021).            

Launching aplikasi ini dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat guna mengoptimalkan pendapatan daerah khususnya sektor pajak dan retribusi daerah. Dengan pembuatan aplikasi SIPADAT dan SILARON ini diharapkan seluruh proses perpajakan dan retribusi bagi seluruh stakeholder menjadi efektif, efisien, aman dan akuntabel serta dapat memberikan kemudahan-kemudahan bagi wajib pajak, pengelola pajak dan pengelola retribusi daerah.

Dalam laporannya, Dra. Wiwik Susanti selaku Kepala BPPRD Kabupaten Bangka Tengah mengatakan  bahwa salah satu bentuk reformasi perpajakan yang digalakkan adalah modernisasi administrasi pelayanan pajak melalui teknologi informasi. Salah satunya dengan dibuatnya aplikasi dengan pendanaan dari APBD Bangka Tengah tahun 2021 ini.

“Dengan adanya aplikasi ini, tersedia sistem informasi pendukung untuk administrasi dan pembayaran pajak daerah yang memanfaatkan sistem informasi berbasis online dan realtime. Harapannya tentu memberi kemudahan bagi pengelola pajak daerah dan retribusi daerah maunpun wajib pajak,” terangnya.

Algafry Rahman pada kesempatan ini mengucapkan apresiasinya kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya aplikasi ini. Disebutnya, dengan aplikasi-aplikasi ini seluruh proses perpajakan atau retribusi dapat dilakukan secara online dan realtime sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak daerah tepat waktu.

"Pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak terkait sehingga aplikasi SIPADAT Dan SILARON dapat terwujud. Dengan hadirnya aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan realisasi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bangka Tengah khususnya di sektor pajak dan retribusi daerah," ucapnya.

Bupati Bangka Tengah tersebut juga menyampaikan bahwa semua pihak di Pemkab Bangka Tengah harus bekerja sama meningkatkan kinerja di sektor masing-masing.

"Harapan kita bersama mudah-mudahan kita semua selaku jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah dapat bersinergi satu sama lain dan bersatu padu dalam upaya kita meningkatkan kinerja pemerintah sesuai dengan beban tugas dan kewenangan masing – masing," tutupnya.

Launching aplikasi SIPADAT Dan SILARON ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Bangka Tengah (Bateng) didampingi Wakil Bupati Bateng, Sekda Bateng, Pimpinan Bank Sumsel Babel Cabang Koba, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) BPRD Bateng dengan Bank Sumsel Babel tentang Implementasi Pembayaran Pajak Daerah. Turut hadir di giat ini seluruh Kepala OPD dan Camat se- Kabupaten Bangka Tengah. *(UMM/MRT/APJ/Foto:PYJ)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah