Home Berita Terkini Launching SILAKSO, Bupati Bateng: Permudah Pelayanan bagi Masyarakat Kurang Mampu

Launching SILAKSO, Bupati Bateng: Permudah Pelayanan bagi Masyarakat Kurang Mampu

1,912
0
SHARE
Launching SILAKSO, Bupati Bateng: Permudah Pelayanan bagi Masyarakat Kurang Mampu

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos-PMD) yang bekerja sama dengan Diskominfosta resmi meluncurkan Sistem Layanan Kesejahteraan Sosial (SILAKSO) di Kantor Sekretariat Bersama, Jalan Soekarno Hatta II, Kelurahan Koba Kecamatan Koba, Senin (24/05/2021).

Launching SILAKSO ini ditandai dengan simbolis pemotongan pita oleh Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, ST., didampingi Wakil Bupati Bangka Tengah Herry Erfian, ST., Kapolres Bateng, Kepala Dinsos-PMD, Kepala BAZNAS, dan perwakilan Bank Sumsel Babel.

Dalam sambutannya Algafry mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Pemkab Bateng dalam penanggulangan kemiskinan dan memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu. Bentuk pelayanan ini mengedepankan keterpaduan antara unit pelayanan  yang ada. Keterpaduan ini bertujuan untuk mendukung percepatan penanganan masalah kemiskinan.

"Dengan terbentuknya SILAKSO yang ada di Bangka Tengah, diharapkan mampu memberikan pelayanan  yang cepat, tepat, responsif dan terintegrasi, khususnya untuk masyarakat yang tidak mampu. Harapannya dengan diterapkannya SILAKSO dapat menghasilkan data kesejahteraan masyarakat yang valid sehingga dapat menjadi acuan dalam melaksanakan program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Bangka Tengah,” terangnya.

Lebih lanjut Algafri mengatakan SILAKSO ini sangat berguna untuk pemuktahiran data sehingga data kesejahteraan masyarakat menjadi valid dan sesuai dengan kenyataan di lapangan.

"SILAKSO mempunyai peranan penting untuk warga masyarakat kurang mampu, yang sedang kita cover, namun datanya disesuaikan dulu dengan aplikasi yang ada sehingga betul-betul warga masyarakat yang susuai ketentuanlah yang diajukan melalui Sistem Pelayanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) untuk dilanjutkan ke Kemensos,” tegasnya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemkab Bateng, Kabag Kesra, Kabag Prokopim, Sekwan DPRD Bateng, Stafsus, perwakilan Diskominfosta, para Kepala OPD, para Camat dan Lurah/Kades, juga tokoh masyarakat dan LSM.

Untuk sementara SILAKSO ini belom bisa diakses secara umum tapi bagi masyarakat yang ingin mengadukan suatu masalah, baik itu pendidikan, kesehatan dan sosial bisa langsung datang ke kantor Sekretariat Bersama.* (RIS/APJ/Foto:RIN)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah