Home Berita Instansi dan Kementerian Lepas Sambut Kepala BPTP Babel, Pemkab Bangka Tengah Apresiasi Kinerja Suharyanto

Lepas Sambut Kepala BPTP Babel, Pemkab Bangka Tengah Apresiasi Kinerja Suharyanto

449
0
SHARE
Lepas Sambut Kepala BPTP Babel, Pemkab Bangka Tengah Apresiasi Kinerja Suharyanto

Pangkalpinang - Peran Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terhadap kemajuan pertanian di Bangka Tengah memang pantas diapresiasi. Hal ini diuraikan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ahmad Syarifullah Nizam, usai mengikuti prosesi Lepas Sambut Kepala BPTP Bangka Belitung, Kamis (19/05/2022) di Aula BPTP Kepulauan Babel.

Syarifullah menyebutkan salah satunya, bahwa Bangka Tengah telah menghibahkan tanah sekitar 10 Hektar di Komplek Pemkab Bangka Tengah, untuk dikelola sebagai lahan pertanian percontohan. Lahan ini disebut Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Koba atau Kebun Percobaan (KP) yang saat ini ditanami jeruk konsumsi dengan sistem surjan mengingat lahannya berupa rawa tergenang.

Hal ini dibenarkan oleh Dr. Suharyanto, S.P., M.P., yang hari ini resmi menyerahkan jabatannya sebagai Kepala BPTP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada Dr. Agus Wahyana Anggara, S.Si., M.Si.

"Benar. Jadi lahan di belakang Pemkab Bangka Tengah tersebut salah satu yang dikelola oleh BPTP. Sementara ini dari 10 Hektar sudah terkelola sekitar 3-4 Hektar dengan ditanami jeruk konsumsi yang adaptif dan sudah 4 tahun sehingga saat ini sudah mulai berproduksi. Harapannya ke depan bisa lebih ditingkatkan lagi," jelas Suharyanto.

Konsep awalnya, Suharyanto berniat jadikan KP Koba ini sebagai sarana berkumpul dan berdiskusi para penyuluh pertanian se-Bangka Tengah untuk memperbarui ilmu dan teknologi pertanian.

"Di sana nanti saya inginnya jadi Posko untuk sharing teknologi dari BPTP dan pertemuan reguler penyuluh se-Bangka Tengah. Semoga kedepan bisa dioptimalkan maintenance atau pemeliharaannya. Di sana juga ada ternak sapi yang kotorannya dikelola menjadi pupuk. Kedepan, komoditas alpukat dan durian mungkin bisa ditambahkan," terangnya.

Menanggapi hal ini, Syarifullah menyampaikan apresiasi dari Pemkab Bangka Tengah atas kinerja dan kerja sama Suharyanto selaku Kepala BPTP selama ini.

"Kami dari Pemkab Bangka Tengah mengucapkan terima kasih kepada Bapak Suharyanto atas kerja sama dan kemitraannya dalam membentuk pertanian yang maju, mandiri dan modern. Telah banyak kerja sama dan kemitraan dengan BPTP Bangka Belitung, seperti yang disebutkan tadi, Bangka Tengah telah menghibahkan tanah yang cukup luas untuk pengembangan BPTP di Bangka Tengah," jelas Asisten Perekonomian dan Pembangunan Bangka Tengah ini.

Syarifullah juga angkat jempol untuk inovasi integrasi sapi-sawit di Sungaiselan yang telah dikenal dan menjadi objek studi banding nasional.

"Keberhasilan BPTP ini sangat luar biasa, termasuk integrasi sapi-sawit yang menjadi bukti kerja sama yang baik dengan Pemkab Bangka Tengah. Terima kasih kepada Bapak Suharyanto. Sektor pertanian telah menyumbang perekonomian dengan porsi 15 persen, sehingga selama pandemi Covid-19, kita mampu bertahan dengan dukungan pertanian yang tangguh," kata Syarifullah.

Kepada Kepala BPTP yang baru, Syarifullah berharap BPTP bisa meningkatkan program pertanian, produksi juga pemasarannya.

"Kepada Bapak Agus, selamat datang. Semoga bisa meneruskan program strategis yang telah dikembangkan. Kami juga menunggu buah karya dan inovasi selanjutnya," tuturnya.

Prosesi Lepas Sambut ini dihadiri oleh Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementan-RI, Kepala Daerah se-Bangka Belitung atau perwakilannya, jajaran Forkopimda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung beserta para penyuluh pertanian. * Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Asti Pradiajayanti

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Asti Pradiajayanti