Home Berita Terkini Lomba Mancing Patin Laut di Pantai Lubuk Besar Perebutkan Haji Benu Cup

Lomba Mancing Patin Laut di Pantai Lubuk Besar Perebutkan Haji Benu Cup

562
0
SHARE
Lomba Mancing Patin Laut di Pantai Lubuk Besar Perebutkan Haji Benu Cup

Lubuk Besar – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan bekerja sama dengan Anak Nelayan Komplek (Anelkom) Lubuk Besar dan Karang Taruna menggelar perlombaan memancing ikan patin laut Haji Benu Championship, Sabtu (04/01/2020) di Kecamatan Lubuk Besar.

Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM atau yang akrab disapa Haji Benu, menuturkan dalam sambutannya bahwa lomba mancing seperti ini mungkin hanya ada satu-satunya di Bangka Tengah. Selain sebagai ajang silaturahmi bersentuhan langsung dengan masyarakat, juga untuk menggiatkan budaya makan ikan sebagai peningkatan kualitas gizi masyarakat.

“Selanjutnya, coba Dinas Perikanan dan Panitia mencari informasi tentang spesies ikan patin laut ini, jika memang satu-satunya ada di Indonesia, khususnya di Bangka Tengah, agar bisa dipelajari dan dilestarikan,” ujarnya.

Ibnu Saleh juga berharap kegiatan ini bisa dijadikan agenda rutin tahunan Kabupaten Bangka Tengah. Setiap tahun memang ada kondisi dimana air laut pasang dan ikan patin laut banyak menepi ke pantai. Momen ini bisa dimanfaatkan menjadi ajang lomba memancing yang unik dan  langka karena biasanya lomba memancing digelar di tengah laut, namun lomba ini diadakan di tepi pantai.

Sebagai Ketua Panitia, Kadus Lubuk Komplek, Bayu Samudra menyatakan bahwa antusiasme warga mengikuti Lomba Mancing memperebutkan Haji Benu Cup dan sejumlah uang pembinaan ini sangat besar. Terbukti ada sekitar 530 peserta yang mendaftar pada awalnya namun saat kegiatan berlangsung  peserta dibatasi menjadi 425 peserta demi keamanan. Peserta membludak ini buka hanya peserta laki-laki, namun juga peserta perempuan dan remaja yang didampingi oleh keluarga masing-masing.

Acara yang dimeriahkan dengan Panggung Musik ini dihadiri pula oleh Ibu Hj. Iriani Melita Ibnu Saleh selaku Ketua TP PKK Bangka Tengah, Dedy Muchdiyat, S.Pi, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah beserta staf, Camat Lubuk Besar serta para Kades dan perangat desa se-Kecamatan Lubuk. Hadir pula para anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah

(Forkopimda) Bangka Tengah, yakni perwakilan  Polres, Polairut dan Kodim. *(FEK/APJ/Foto:FEK)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah