Home Berita Instansi dan Kementerian Lomba Masak Serba Ikan di Bangka Tengah, Bupati Harapkan Sukses Sebarkan Misi Gemarikan

Lomba Masak Serba Ikan di Bangka Tengah, Bupati Harapkan Sukses Sebarkan Misi Gemarikan

374
0
SHARE
Lomba Masak Serba Ikan di Bangka Tengah, Bupati Harapkan Sukses Sebarkan Misi Gemarikan

KOBA – Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Perikanan gelar Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) dan kegiatan Lomba Masak Serba Ikan tingkat Kabupaten Bangka Tengah. Acara yang digelar di Alun-alun Kota Koba, Kamis (10/08/2023) ini mengusung tema Menu Masakan Serba Ikan untuk Menyehatkan Masyarakat, Mencegah Stunting, dan Mencerdaskan Anak.

Acara berlangsung meriah dengan rangkaian kegiatan diantaranya kampanye gemar makan ikan dengan melibatkan Bunda PAUD dan anak PAUD di Bateng, festival lomba masak ikan yang diikuti oleh PKK Kecamatan se-Bateng, kompetisi lomba masak cumi asam dengan melibatkan masyarakat umum, dan lomba masak lempah kuning ikan yang diikuti oleh para Kepala OPD/Pejabat di lingkungan Pemkab Bateng.

Pada kesempatan ini Algafry Rahman selaku Bupati Bateng didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Bateng, Eva Algafry, mencicipi langsung makanan olahan yang disajikan oleh para peserta lomba.

"Alhamdulillah, ini merupakan lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Bangka Tengah yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan Bateng. Kali ini kita tambah dengan menu masakan olahan dari cumi dengan tujuan untuk mengajak masyarakat umum berkreasi memasak cumi. Kita harapkan kedepannya ada produk-produk baru dari olahan cumi ini," ujar Algafry.

Diharapkan Algafry bahwa dengan kegiatan ini bukan hanya semata-mata untuk mencari juara tapi yang terpenting baginya adalah memberikan informasi dan mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan.

"Kita harapkan dapat menginformasikan kepada masyarakat pentingnya mengkonsumsi ikan. Tadi ada Tim Penggerak PKK dari kecamatan, nah, kita berharap para kader PKK ini bisa membawa misi ini untuk mengajak masyarakat gemar memakan ikan sebagai salah satu pencegah stunting," ucapnya.

Di tempat yang sama, Eva Algafry mengatakan bahwa untuk meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat haruslah dimulai dari peningkatan konsumsi ikan di keluarga.

"Ikan sebagai salah satu sumber protein hewani merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat, halal, dan baik terhadap keluarga," ucapnya.

Dikatakan Eva, salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan konsumsi ikan salah satunya dengan kegiatan lomba masak serba ikan dan cumi seperti kali ini. Harapannya, hasil lomba ini dapat mendorong terwujudnya diversifikasi produk olahan berbahan baku serba ikan, sehingga dapat meningkatkan pemahaman tentang pentingnya gizi ikan.

"Di tahun 2023 ini kita kembali menggelar kegiatan lomba masak serba ikan sebagai sarana untuk meyakinkan masyarakat bahwa mengkonsumsi ikan dapat dilakukan melalui beberapa cara pengolahan agar tidak membosankan," ucapnya.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Redoh Soniman

Editor: Asti P.

Fotografer: Dodi/Prayogi