Home Berita Terkini LPSE Bangka Tengah Sosialisasi dan Bimtek Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021

LPSE Bangka Tengah Sosialisasi dan Bimtek Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021

141
0
SHARE
LPSE Bangka Tengah Sosialisasi dan Bimtek Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021

Pangkalpinang - Bagian Pengadaan Barang Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Tengah gelar Sosialisasi dan Bimtek Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, di Hotel Bangka City Pangkalpinang, Kamis (23/09/2021).

Sosialisasi dan Bimtek yang dilaksanakan 2 hari dari 23 hingga 24 September 2021 ini diikuti oleh seluruh Pengguna Anggaran (PA), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pengadaan dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) di Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah.  

Membuka acara ini, Algafry Rahman, S.T. selaku Bupati Bangka Tengah mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis pada hari ini adalah  salah satu upaya mengoptimalkan pemahaman terhadap Pengadaan Barang Jasa pemerintah dan penggunaan aplikasi SPSE versi 4.4, sesuai dengan yang diamanatkan pada Perpres Nomor 12 Tahun 2021.  

“Hal ini agar sesuai dengan prinsip pengadaan yakni efisien, efektif, terbuka dan transparan, serta akuntabel. Sebagaimana kita ketahui bahwa proses pengadaan barang/jasa pemerintah untuk Tahun Anggaran 2021 dan seterusnya wajib dilaksanakan secara elektronik menggunakan aplikasi SPSE versi 4.4.” ujar Bupati.

Bupati mengharapkan semua peserta dalam sosialisasi ini bisa mengikuti acara dengan baik sehingga hasil yang diharapkan bisa tercapai.

“Kami harap Bapak/Ibu dapat mengambil ilmu serta menerapkannya dalam Pengadaan Barang/Jasa pemerintah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah sehingga nantinya memiliki kemampuan dan pengetahuan yang berkaitan dengan pelaksanaan proses pengadaan barang/jasa. Jangan lupa, untuk terus menerapkan protokol kesehatan selama acara berlangsung,” pesan Algafry.

Sementara itu Radi, S.ST., M.H. selaku Ketua Pelaksana Kegiatan, saat ditemui mengatakan bahwa tujuan dari digelarnya sosialisasi ini yakni menjelaskan pengaplikasian Perpres No. 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah khususnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah serta penjelasan terkait permasalahannya.

“Yang kedua, memberikan penjelasan dan pemahaman terkait perencanaan Pengadaan Barang/Jasa secara elektronik berikut pengaplikasiannya dalam aplikasi SPSE yang dikembangkan oleh LKPP RI. Selain itu untuk memberikan gambaran dan pemahaman terkait tugas dan tanggung jawab masing-masing pihak yang terlibat dalam proses Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang kredibel, transparan, efektif dan efisien,” jelasnya.

Narasumber Kepala Pusdiklat PBJ LKPP Ir. Hardi Afriansyah, M. Si, dan Muhammad Syaindy, Staf Direktorat Pengembangan SPSE. Moderator Rahmat Iskandar dari LPSE Bangka dan Retno Hanurawati dari LPSE Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Turut hadir dalam kesempatan ini Kabag LPSE Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala LPSE Bangka, Kepala Bagian Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Bangka Tengah.

*(ICS-APJ/APJ/Foto:YHP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah