Home Berita Instansi dan Kementerian Luar Biasa, Pesta Rakyat Koba Dihadiri Lebih Dari 5000 Peserta

Luar Biasa, Pesta Rakyat Koba Dihadiri Lebih Dari 5000 Peserta

247
0
SHARE
Luar Biasa, Pesta Rakyat Koba Dihadiri Lebih Dari 5000 Peserta

KOBA - Mendung tak berarti hujan, mungkin seperti itulah kiranya semangat para peserta jalan santai yang akan mengitari kota Koba pagi itu. Tak gentar warga Koba ikut meramaikan event jalan santai yang merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian acara perayaan Pesta Rakyat Koba. Jalan santai ini dimulai dari monumen ikonik dari kota Koba, yaitu Tugu Ikan Koba, Sabtu (10/09/2022).

Melanjutkan kemeriahan dari perayaan HUT ke-168 Kota Koba dan HUT ke-77 RI beberapa waktu lalu, event ini juga dilaksanakan berlandaskan semangat bersama melalui Komunitas Bangka Tengah Hijau untuk ikut memperingati Hari Bersih-bersih Sedunia, yang dikenal dengan sebutan World Cleanup Day (WCD).

World Cleanup Day adalah sebuah gerakan sosial yang bertujuan mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk memiliki kesadaran membersihkan, menjaga dan memelihara lingkungan mulai dari diri sendiri, rumah dan masyarakat.

Tahun ini, WCDI (World Cleanup Day Indonesia) mengusung tema “Kami 13 Juta Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah”. Diharapkan sebanyak 13 juta relawan atau lima persen dari populasi masyarakat Indonesia dapat turut serta pada aksi tahun ini dan menjadi salah satu bagian dari sejarah aksi gotong royong pungut sampah terbesar di dunia yang akan dilaksanakan serentak 10 sampai dengan 25 September 2022.

Dengan difasilitasi kantong plastik sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup Bangka Tengah, peserta jalan santai diminta untuk dapat memungut sampah plastik atau kaleng yang mereka temui di perjalanan sampai menuju finish di Alun-alun Kota Koba.

"Kalau menemukan sampah, diisi di kantong hitam yang sudah disediakan, ya! Ayo kita wujudkan hidup sehat dan bersih," seru Algafry Rahman, Bupati Bangka Tengah, sambil bersiap mengangkat bendera tanda dimulainya acara.

Senam Zumba, aneka lomba, berbagai stan kuliner gratis dari UMKM Koba, dan pembagian berbagai doorprize menarik yang disediakan panitia, melengkapi acara Pesta Rakyat Koba ini. Suasana pun semakin meriah dengan pertunjukan musik dari berbagai band lokal yang ‘menggelitik’ penonton untuk ikut bernyanyi dan berjoget bersama.

Kebahagiaan juga dirasakan Ina (47) warga Arung Dalam RT 14 yang memenangkan salah satu doorprize utama yaitu satu unit sepeda gunung berwarna hijau.

"Haaa.. Kan-kan bahagia e pacak dapet sepidah ni, dak nyangkak aben!" ujar Ina meluapkan rasa terkejutnya.

Ibu satu anak ini pun mengungkapkan rasa syukurnya kepada panitia pelaksana.

"Semoga maju terus Bangka Tengah. Makaseh banyak, lah mengadakan acara ni."

Disela acara, Algafry mengucapkan terima kasih atas terlaksananya acara ini.

"Saya senang teman-teman Komunitas Hijau menyelenggarakan ini, dan begitu luar biasa antusiasme masyarakat. Mudah-mudahan tahun depan dapat berlanjut. Saya juga meminta Komunitas Hijau bergerak ke kecamatan-kecamatan lain untuk ikut bersama menjadikan Bangka Tengah ini semakin hijau," tutup Algafry.

Di tempat yang sama, Budi Randa Hutagalung, Lurah Koba sekaligus Ketua Komunitas Bangka Tengah Hijau menyampaikan harapannya untuk Kota Koba.

"Semoga Kota Koba dan Kabupaten Bangka Tengah umumnya, dapat mengalami kemajuan dari segi ekonomi, sosial budaya, ataupun hal lain yang berkaitan dengan pembangunan daerah. Event seperti ini diharapkan bisa jadi event tahunan nantinya," tutup Budi. *Sumber: DISKOMINFOSTA Bangka Tengah

Penulis: Onie R Bana

Editor: Asti P

Fotografer: Redoh Soniman, Raditya Sasangka, Ahmad Faris, Onie R Bana