Home Berita Terkini Maksimalkan Pemanfaatan UKS, Pemkab Bangka Tengah Gelar Edukasi dan Penguatan Kelembagaan TP UKS/M

Maksimalkan Pemanfaatan UKS, Pemkab Bangka Tengah Gelar Edukasi dan Penguatan Kelembagaan TP UKS/M

146
0
SHARE
Maksimalkan Pemanfaatan UKS, Pemkab Bangka Tengah Gelar Edukasi dan Penguatan Kelembagaan TP UKS/M

PANGKALAN BARU - Sebanyak 65 peserta mulai dari Kepala Puskesmas, TP UKS/M (Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah) Kecamatan, Pengelola Program UKS Puskesmas dan Guru UKS di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dihadirkan untuk memperkuat sinergitas serta peran UKS/M dalam meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik.

Dibuka oleh Camat Pangkalan Baru, Roy Haris Oktabian, yang mewakili Bupati Bateng, Pertemuan Edukasi dan Penguatan Kelembagaan TP UKS/M Tingkat Kabupaten Bangka Tengah diselenggarakan di Hotel Santika, Kecamatan Pangkalan Baru, Senin (01/08/2022).

Kegiatan ini menghadirkan 5 narasumber, yakni Sugianto selaku Sekda Bateng, Alamsyah selaku Kabid Pendidikan SD Dinas Pendidikan Bateng, La Barihi selaku Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Bateng, Dory Oktora selaku Plt. Kabag Kesra Setda Bateng dan Zulyan selaku Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Bateng.

Roy mengatakan sekolah merupakan salah satu tempat bagi anak untuk belajar serta membentuk pribadi yang baik terutama juga dalam hal kesehatan. Oleh karena itu menurutnya, pertemuan dan penguatan ini sangat diperlukan dan penting untuk memompa semangat para pengurus UKS agar semakin meningkatkan lingkungan yang sehat.

“Ini juga merupakan suatu upaya untuk membangun kesehatan masyarakat dengan menanamkan kebiasaan dan budaya sejak dini pada anak sekolah,” ujar Roy.

Roy juga menjelaskan anak usia sekolah merupakan sasaran strategis untuk pelaksanaan program kesehatan, selain jumlahnya yang besar, anak usia sekolah merupakan sasaran yang mudah dijangkau karena terorganisir dengan baik di sekolah.

Roy juga berharap TP UKS/M di tingkat kecamatan dapat dimaksimalkan dan bersinergi dengan Puskesmas serta UKS yang ada di sekolah ataupun madrasah sehingga dapat melaksanakan program UKS dengan baik.

“UKS merupakan salah satu wadah bagi anak-anak sekolah untuk melakukan berbagai kegiatan yang positif. Jadi diharapkan pertemuan dan penguatan ini dijadikan momen saling bertukar pikiran, berbagi pengalaman sehingga program-program UKS dapat berjalan dengan baik serta kualitas kesehatan di Bangka Tengah dapat semakin meningkat,” tutup Roy.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Prayogi J

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Prayogi J