Home Daerah Malam 10 Muharam, Pemkab Bangka Tengah Berikan Santuan untuk Anak Yatim

Malam 10 Muharam, Pemkab Bangka Tengah Berikan Santuan untuk Anak Yatim

723
0
SHARE
Malam 10 Muharam, Pemkab Bangka Tengah Berikan Santuan untuk Anak Yatim

BANGKA TENGAH – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman memberikan santunan anak yatim piatu dalam memperingati malam 10 Muharam, Minggu (07/08/2022) malam bertempat di Masjid An-Nur Desa Sungkap, Kecamatan Simpang Katis.

10 Muharam atau hari Asyura terdapat banyak keistimewaan pada Umat Islam, karena pada hari Asyura amal kebaikan manusia akan dilipatgandakan begitu juga perbuatan dosa.

Dalam sambutannya, Algafry Rahman mengucapkan terima kasih atas undangan perayaan malam 10 Muharam di Desa Sungkap ini.

"Bagi kita, kegiatan seperti ini luar biasa karena di Bulan Muharam ini adalah bulan yang memang salah satu diantara dua belas bulan yang disebut sebagai bulan yang istimewa selain bulan Ramadan. Karena banyak peristiwa- peristiwa yang terjadi pada bulan Muharam, salah satunya zikir yang kita panjatkan tadi adalah satu doa yang terjadi di Bulan Muharram," ungkapnya.

Orang Nomor Satu di Bangka Tengah ini juga mengatakan untuk menjadikan 10 Muharam ini sebagai pendekatan diri kita kepada Allah SWT.

"Apa yang didapatkan pada malam ini, mudah-mudahan di tahun-tahun berikutnya akan lebih semarak lagi,” ujar Algafry.

Acara dilanjutkan dengan pembagian santunan oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman kepada 17anak yatim piatu di Desa Sungkap.

“Alhamdulillah, semakin bertambah semangat orang-orang untuk membagikan rezekinya untuk diberikan kepada anak yatim piatu," ungkap Bang Ayi sapaan akrabnya.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan kepedulian kepada anak yatim piatu. Ini bisa menguatkan ukhuwah kita selama ini," ungkapnya.

Di penghujung kata sambutannya, Algafry mengatakan mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini menjadi amal jariah dan diridhoi oleh Allah SWT.

Sementara itu, di lokasi yang berbeda, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ahmad Syarifullah Nizam memberikan apresiasi kepada masyarakat Desa Nibung. Ia menilai pada momen 10 Muharam terdapat banyak peristiwa penting yang harus diketahui  umat Islam.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi sebesar-sebesarnya kepada masyarakat Desa Nibung,” ujarnya dihadapan para jamaah Masjid Desa Nibung.

“Peringatan 10 Muharam yang dilakukan masyarakat Desa Nibung dengan memberikan santunan anak yatim piatu ini semoga dapat menjadi amal ibadah dan pahala untuk Bapak/Ibu semuanya," ungkap Syarifullah.

Menurut Kepala Desa Nibung, Roni Fahrizal, setiap peringatan 10 Muharam, masyarakat Desa Nibung Kecamatan Koba memberikan santunan kepada anak Yatim Piatu.

"Santunan anak yatim piatu di Desa Nibung ini rutin kita lakukan setiap 10 Muharam. Jumlah dana yang berhasil kita kumpulkan sebanyak  Rp 147.969.00, yang akan diterima 16 anak yatim piatu dan masung-masing akan merima santunan sebesar  RP 8.35.000," ungkapnya.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Irvan dan Hardian

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Irvan dan Hardian