Home Berita Instansi dan Kementerian Masuk 3 Besar se-Provinsi, Pemkab Bangka Tengah Paparkan Aspek Penting dalam Penilaian Tahap II PPD Tahun 2024

Masuk 3 Besar se-Provinsi, Pemkab Bangka Tengah Paparkan Aspek Penting dalam Penilaian Tahap II PPD Tahun 2024

262
0
SHARE
Masuk 3 Besar se-Provinsi, Pemkab Bangka Tengah Paparkan Aspek Penting dalam Penilaian Tahap II PPD Tahun 2024

KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menerima kedatangan Tim Penilai dari ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2024, di Mangrove Munjang, Desa Kurau Barat, Selasa (13/02/2024).

Kegiatan ini meliputi Focus Group Discussion (FGD), verifikasi lapangan, serta wawancara inovasi MANGROVE yang merupakan inovasi yang diusung kali ini.

Pada penilaian tahap II PPD Tahun 2024 ini, Rusdi selaku Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan, Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bersama tim lainnya hadir sebagai penilai dari tingkat Provinsi.

Pada tingkat provinsi sendiri, Bangka Tengah telah berhasil memasuki level tiga besar, bersama Kabupaten Belitung, dan Kabupaten Belitung Timur.

Setelah berdiskusi dan melakukan susur sungai mangrove sebagai verifikasi lapangan bersama beberapa Kepala OPD terkait, kegiatan pun dilanjutkan dengan mendengarkan paparan dari Kepala Bappelitbangda Bangka Tengah, Joko Triadhi, di Ruang VIP Sekretariat Daerah Kabupaten Bateng.

Joko memaparkan mengenai overview Bangka Tengah, capaian pembangunan yang ada di Bangka Tengah, inovasi yang diusung, hingga program unggulan yang menjadi andalan di Bangka Tengah.

Diketahui, Inovasi MANGROVE ini adalah Manajemen Pengelolaan Kawasan Hutan Mangrove untuk Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi dan Keberlanjutan Ekosistem Lingkungan. Inovasi ini meliputi beberapa ruang lingkup, yakni sektor lingkungan hidup, sektor pariwisata, sektor perikanan, serta sektor industri pengolahan.

Martini, Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan, BAPPEDA Provinsi Kep. Babel dalam sesi wawancara di Ruang VIP menjabarkan aspek apa saja yang menjadi acuan penilaian.

"Kami di sini menggali informasi mengenai bagaimana keterlibatan Pemkab dalam inovasi ini, dari penyusunan dokumen, Bateng sudah sangat baik. Beberapa aspek penting yang dinilai adalah aspek pencapaian pembangunan 40%, aspek kualitas dokumen 40% (meliputi sinergi dan keterkaitan, konsistensi, kelengkapan dan kedalaman dokumen), serta aspek inovasi 20%," ungkapnya.

Sekretaris Daerah, Sugianto, yang hadir mewakili Bupati Bangka Tengah pun menyampaikan harapannya atas hasil dari penilaian ini.

"Terima kasih kepada tim penilai provinsi yang telah mengapresiasi Kab. Bateng, karena Bateng telah masuk menjadi salah satu nominator 3 besar se-Provinsi Kep. Babel. Semoga menjadi motivasi bagi kami untuk menyelesaikan isu-isu pembangunan di Bateng. Kami berharap penilaian ini tidak hanya berakhir di sini, semoga dapat juga mencapai penilaian tingkat nasional seperti tahun lalu," harap Sekda.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Onie R. Bana

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Gomgom L. Tobing