Home Berita Terkini Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kunjungi Hutan Mangrove Kurau Bateng

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kunjungi Hutan Mangrove Kurau Bateng

185
0
SHARE
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kunjungi Hutan Mangrove Kurau Bateng

Koba - Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM bersama dengan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan mendampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar meninjau Hutan Mangrove Munjang Kurau Barat, Kabupaten Bangka Tengah pada Senin (27/07/2020).

Siti Nurbaya Bakar melaksanakan kunjungan kerja ke Bangka Tengah tepatnya di Hutan Mangrove Kurau Barat dalam rangka mempersiapkan kedatangan Presiden RI ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di pertengahan September mendatang.

Menurut Siti, Bangka Tengah (Hutan Mangrove Munjang-red) memiliki objek wisata berkonsep wisata edukasi yang sangat menarik. Hal inilah yang membuat Menteri LKH mengusulkan kepada Presiden RI untuk menjadikan Bangka Belitung tepatnya Bangka Tengah menjadi jadi tuan rumah mewakili wilayah Sumatera dalam agenda Presiden menyerahkan sekitar 600 SK Hutan Sosial seluas 600 ribu Ha di seluruh Indonesia.

Perhutanan Sosial merupakan salah satu program strategis Pemerintah Indonesia dalam rangka meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat melalui pemberian akses kelola hutan. Melalui skema Hutan Kemasyarakatan (HKm), Hutan Desa (HD), Hutan Tanaman Rakyat (HTR), Hutan Adat (HA) dan Kemitraan Kehutanan.

"Saya mempersiapkan dan mengusulkan untuk kembali melakukan penyerahan SK tentang Hutan Sosial bagi masyarakat juga tanah dari hutan untuk reforma agraria. Sekaligus kita ambil hutan mangrove juga karena hari mangrove se dunia," ungkap Siti.

Dalam kesempatan ini, Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM., selaku tuan rumah menyambut hangat kedatangan rombongan Menteri LHK dan Gubernur Babel di Hutan Mangrove Kurau Bateng. Ditunjuk sebagai tuan rumah dalam kunjungan Presiden RI guna penyerahan sekitar 600 SK Hutan Sosial di wilayah Sumatera, Ibnu akan segera mempersiapkannya agar kegiatan ini berjalan lancar.

"Kami akan mempersiapkan segala sesuatunya agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar," ujarIbnu.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kapolda Babel, Danrem 045 Garuda Jaya, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Babel, juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Babel.* (RIS/WEE/ Foto: FEK)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah