Home Berita Terkini Miliki Sertifikat Tanah Karena itu Memudahkan dan Melindungi Kita

Miliki Sertifikat Tanah Karena itu Memudahkan dan Melindungi Kita

135
0
SHARE
Miliki Sertifikat Tanah Karena itu Memudahkan dan Melindungi Kita

Sungai Selan - Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., ketika menghadiri sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2021 kepada masyarakat di Kantor Desa Melabun dan Romadhon, Kecamatan Sungai Selan, Jumat (16/07/2021).

Bupati Bangka Tengah dalam sambutannya tersebut mengingatkan bahwa tidak semua desa diberikan kesempatan untuk mengikuti PTSL di Kabupaten Bangka Tengah ini.

"Tahun ini hanya 4 desa di Kabupaten Bangka Tengah yang berkesempatan mendapatkan program (PTSL-red) ini. Pemerintah ingin melindungi masyarakat dengan cara menerbitkan sertifikat," jelas Algafry.

Algafry melanjutkan bahwa dengan adanya sertifikat tanah, bisa bermanfaat untuk anak cucu karena memiliki dasar yang jelas atas kepemilikan tanah yang dimiliki.

“Ini adalah bentuk tanggung jawab dan pengorbanan Bapak/Ibu untuk generasi ke depan," tambah Bupati yang juga mengajak masyarakat untuk disiplin dalam memakai masker.

Senada dengan Bupati Bangka Tengah, Ali Ridlo, S.T., M.H selaku Kepala Kantor Badan Pertanahan Negara (BPN) Bangka Tengah mengungkapkan bahwa PTSL ini memberikan kemudahan serta melindungi masyarakat sehingga harapannya, selain tanahnya diukur, masyarakat juga mau mengurus penerbitan sertifikat kepemilikan atas tanah.

"Harapannya juga dengan hadirnya Bupati Bangka Tengah, akan membuat masyarakat lebih sadar, antusias dan mau diterbitkan sertifikat atas tanahnya," ucap Ali Ridlo.

Lebih lanjut Ali Ridlo juga menjelaskan serta mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah yang juga memberikan insentif dalam PTSL ini berupa pembebasan biaya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) untuk tanah pekarangan sampai dengan 3.000 meter persegi dan pertanian sampai dengan 5 Hektar.

Yanto (46 tahun), warga Desa Romadhon ketika ditemui selepas acara tampak antusias setelah mendengar penjelasan Bupati Bangka Tengah terkait manfaat dari mengikuti PTSL dan memiliki sertifikat.

"Mendengar penjelasan Bupati Bangka Tengah dan Kepala BPN tadi, saya semakin yakin bahwa dengan memiliki sertifikat itu mempunyai banyak manfaat selain sebagai bukti kepemilikan, nantinya jika diwariskan untuk anak cucu sebagai bukti kenyamanan dan perlindungan untuk mereka," jelasnya.

Bupati Bangka Tengah didampingi Kepala BPN Bangka Tengah menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis kepada 3 warga Desa Romadhon. Kegiatan Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Camat Sungai Selan, Kades Melabun, Kades Romadhon, Ketua BPD Melabun, Ketua BPD Romadhon, juga Bhabinkabtimas dan para tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. *(PYJ/APJ/Foto:YHP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah