Home Berita Terkini Monev PIK-R MA Al-Muhajirin, Algafry: Gali Potensi, Jadikan Acuan Percontohan PIK-R di Bateng

Monev PIK-R MA Al-Muhajirin, Algafry: Gali Potensi, Jadikan Acuan Percontohan PIK-R di Bateng

268
0
SHARE
Monev PIK-R MA Al-Muhajirin, Algafry: Gali Potensi, Jadikan Acuan Percontohan PIK-R di Bateng

Koba -  Bupati Bangka Tengah didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) dan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Muhajirin Koba, melakukan monitoring dan evaluasi sekaligus pembinaan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) yang bertempat di Sekretariat PIK-R Al-Fatih Madrasah Aliyah Al-Muhajirin Koba, Kamis (05/08/2021).

Kegiatan monitoring dimulai dengan memantau dan melihat langsung beberapa skill para remaja yang tergabung dalam PIK-R Alfatih, diantaranya menulis kaligrafi, merajut tali buat tas, membuat cake dari bahan baku singkong, kerajinan tempat ATK dari kardus bekas hingga meninjau langsung ruang siaran live radio, juga memantau ternak lele dan angsa yang ada di pondok pesantren.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., mengatakan sangat senang atas kunjungannya hari ini di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Koba sekaligus melihat beberapa keterampilan yang ditampilkan anggota PIK-R Al-Fatih tersebut.

"Saya senang bisa hadir disini atas undangan dari pembina PIK-R Al-Fatih Pesantren Al Muhajirin. Melihat dan memantau secara langsung beberapa keterampilan yang telah ditunjukkan oleh para remaja yang tergabung dalam PIK-R ini,” kata Algafry.

Dijelaskannya, ini merupakan salah satu dari banyaknya potensi yang bisa dikembangkan dan digali. Hal ini bisa dijadikan sebagai contoh untuk PIK-R yang lainnya. Tentunya, Pemerintah Daerah sangat mendukung kegiatan yang bersifat membangun terutama yang dilakukan oleh para remaja ini.

"Selanjutnya, PIK-R Al-Fatih MA Al Muhajirin sebagai delegasi Bangka Tengah akan mengikuti acara Apresiasi PIK Remaja Unggulan di Tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2021. Untuk itu, segala bentuk dukungan akan diberikan kepada PIK-R ini dalam mengikuti ajang tersebut,” jelasnya.

Senada, Kepala DPPKBPPPA Bangka Tengah, dr. Dede Lina Lindayanti, M.K.M., menyampaikan, kegiatan monitoring dan evaluasi ini dimaksudkan dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas serta mengaktifkan kembali PIK-R yang ada di Kabupaten Bangka Tengah baik jalur pendidikan maupun masyarakat.

"Rencananya, nanti kami bersama Bupati Bateng melalui Forum Genre Bangka Tengah (Genteng) akan melakukan monitoring kegiatan PIK-R se-Bangka Tengah yang akan dijadwalkan selanjutnya,” jelas Dede.

Harapannya, lanjut Dede, peran PIK-R yang ada di Bangka Tengah khususnya jalur pendidikan dapat mengaktifkan kembali PIK-R yang sudah terbentuk dan membuka potensi-potensi peserta PIK-R dalam mengembangkan inovasi dan keterampilan. Nantinya, hasil dari inovasi dan keterampilan ini dapat dipasarkan untuk menambah pemasukan kas PIK-R yang ada di sekolah tersebut.* (RIN/APJ/Foto:DPPKBPPPA)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah