Home Daerah MTQH Koba Resmi Dibuka, Algafry Harapkan Desa dan Kelurahan Cetak Generasi Juara

MTQH Koba Resmi Dibuka, Algafry Harapkan Desa dan Kelurahan Cetak Generasi Juara

405
0
SHARE
MTQH Koba Resmi Dibuka, Algafry Harapkan Desa dan Kelurahan Cetak Generasi Juara

KOBA – Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman beserta perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bateng menabuh Bedug tanda dimulainya Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadist (MTQH) Tingkat Kecamatan Koba Tahun 2022, Selasa (24/05/2022).

MTQH Kecamatan Koba Tahun 2022 pada kali ini diselenggarakan di Masjid Silaturahim Kelurahan Koba, Kecamatan Koba serta mengikutsertakan sebanyak 223 peserta yang terdiri dari 106 Putra dan 117 Putri.

Seusai membuka secara resmi kegiatan MTQH Kecamatan Koba, Algafry mengutarakan harapan agar muncul calon-calon baru dari Desa dan Kelurahan yang mengikuti ajang MTQH ini.

“Kegiatan rutin ini bertujuan untuk menghasilkan Qori-Qoriah di Kecamatan Koba dan Kabupaten Bangka Tengah. Saya juga berharap ada generasi atau calon baru yang muncul sebagai juara, tidak hanya dari 1 desa saja,” ucap Algafry yang juga melantik para Dewan Hakim dan Juri.

Ia juga menegaskan agar MTQH yang terselenggara setiap tahunnya tidak hanya menjadi kegiatan seremonial sehingga Ia berharap terus ada peningkatan.

“Harus ada peningkatan dari sisi kualitas yang dibarengi dengan kuantitas, salah satunya dari peningkatan jumlah peserta yang mengikuti serta dari penghayatan serta pembelajaran mengenai Al-Qur’an dan Hadist,” sambungnya.

Dikatakan Algafry, kedepannya Ia berkeinginan untuk menyekolahkan anak-anak yang ingin mengembangkan kemampuan, salah satunya seni kaligrafi.

“Kami berkeinginan untuk meningkatkan kemampuan anak-anak ini, salah satunya yang mengikuti seni kaligrafi, jadi bagi yang mau dan berminat, akan kita sekolahkan di Lemka Sukabumi,” ujar Orang Nomor Satu di Bangka Tengah ini.

Senada dengan Bupati Bateng, Camat Koba, Ema Febriyanti, menuturkan pergelaran MTQH Tingkat Kecamatan ini bukan hanya mencari tentang juara dan tidak, melainkan untuk mencetak generasi-generasi yang baik ke depan.

“Ini bukan hanya tentang menjadi juara, tetapi bagaimana kita menjadikan serta mendidik generasi-generasi Bangka Tengah ini menjadi generasi yang berakhlak mulia dan berilmu agama yang baik,” ujarnya.

Begitu pula yang diungkapkan Lurah Kelurahan Koba, Budi Randa, Ia mengatakan dengan terselenggaranya MTQH ini akan menjadi sebuah langkah dan pemikiran dalam mencetak generasi Muda Islam yang tangguh.

“Generasi Muda Islam ini juga berpegang teguh kepada syariat Islam. Dan ketika generasi-generasi ini tumbuh, mereka tumbuh dengan bekal sisi akhlak, sisi perilaku, sisi agama yang baik, sehingga mereka diharapkan menjadi SDM yang semakin unggul,” ungkap Budi.

MTQH ini juga dihadiri oleh Kepala Kemenag Bateng, Kapolsek Koba, Kepala Masjid Silaturahim, Kepala LPTQ Bateng, Kepala Baznas Bateng, Kabag Kesra Setda Bateng, Sekretaris Kecamatan Koba, Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Koba, Ketua Yayasan Silaturahim serta para hadirin.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Prayogi J

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Redoh Soniman / Prayogi J