Home Daerah MTQH Lubuk Besar Dibuka, Ciptakan Generasi Qurani dan Penghafal Hadits

MTQH Lubuk Besar Dibuka, Ciptakan Generasi Qurani dan Penghafal Hadits

404
0
SHARE
MTQH Lubuk Besar Dibuka, Ciptakan Generasi Qurani dan Penghafal Hadits

Lubuk Besar - Mewakili Bupati Bangka Tengah, Wahyu Nurrakhman selaku Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM menghadiri pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) Tingkat Kecamatan Lubuk Besar tahun 2022 bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Najmatul Azman Dusun B1, Lubuk Besar, Selasa (24/05/2022).

Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) Tingkat Kecamatan Lubuk Besar yang bertajuk "Kita Gali Potensi, Minat dan Bakat Menuju Generasi Qur'ani yang Unggul, Cerdas dan Berakhlaqul Karimah" diikuti oleh 166 peserta dari 9 Desa Kecamatan Lubuk Besar.

Wahyu Nurrakhman dalam sambutannya menyampaikan betapa besar manfaat yang diperoleh dari membaca Al-Qur’an. Tujuan dari kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuh kembangkan kecintaan terhadap Al-Qur’an dan Hadits, pemahaman dan pengamalan nilai-nilai luhur ajaran Al-Qur’an dan hadits yang shahih.

“Kita berharap kegiatan MTQH ini berjalan lancar dan melahirkan para juara yang akan mewakili Bangka Tengah ditingkat kabupaten, provinsi, bahkan tingkat nasional dan internasional,” tuturnya.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, saya berharap akan memberikan motivasi kepada anak-anak kita begitu juga kita sebagai orang tua untuk lebih mencintai, mempelajari, dan mengamalkan Al-Qur’an. Karena begitu besar manfaat yang kita dapat dari mengamalkan Al-Qur’an. Semoga dengan MTQH ini bisa menciptakan generasi yang qur’ani dan penghafal hadits,” lanjut Wahyu.

Selain itu, Ia menekankan untuk terus berpedoman dan berpegang kepada Al-Qur’an dan Hadits agar hidup menjadi lebih terarah dan yang paling utama mengikuti sunnah rasulullah SAW.

"Pedoman hidup kita sebagai umat Islam itu bukan hanya pada Al-Qur’an ada satu lagi yaitu hadits. Siapa lagi yang akan menurunkan hadits dan menyampaikan kepada umat Islam berikutnya kalau tidak ada diantara generasi kita yang hafal hadits,” ujar Wahyu.

Dikatakannya, meskipun sama-sama berbahasa Arab tapi ada cara tersendiri untuk menghafal hadits karena dia dirawat diriwayatkan oleh para perawi (orang yang meriwayatkan hadits-red).

Sementara itu, Armansyah selaku Camat Lubuk Besar mengatakan kegiatan MTQH ini diselanggarakan selama 3 hari dari tanggal 24-26 Mei 2022.

"Semoga dengan kegiatan MTQH ini berjalan lancar dan sukses sehingga bisa melahirkan para penghafal Al-Qur’an dan Hadits yang bisa kita lanjutkan nanti ketingkat selanjutnya," ucap Arman.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kapolsek Lubuk Besar, Ketua LPTQ Bateng, Kepala KUA Lubuk Besar, Kepala Sekolah se-Kecamatan Lubuk Besar, Kepala Puskesmas Lubuk Besar, Kepala Desa Se-Kecamatan Lubuk Besar, para dewan hakim, para tokoh agama dan para tokoh masyarakat.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Dodi Firmansyah

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Hardian