Home Berita Terkini MTQH X Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Resmi Dibuka, Bangka Tengah Terjunkan 68 Kafilah

MTQH X Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Resmi Dibuka, Bangka Tengah Terjunkan 68 Kafilah

383
0
SHARE
MTQH X Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Resmi Dibuka, Bangka Tengah Terjunkan 68 Kafilah

Pangkalpinang - Mewakili Bupati Bangka Tengah, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bangka Tengah, Drs. Pittor, MM, hadir pada pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an dan Hadist Nabi (MTQH) X Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Tahun 2021 yang ditandai dengan pemukulan bedug, bertempat di Halaman Asrama Haji Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (22/11/2021) malam.

Ketika ditemui, Drs. Pittor, MM., yang mewakili Bupati Bangka Tengah, turut memberikan semangat kepada 68 Kafilah yang mewakili Kabupaten Bangka Tengah serta menyampaikan harapannya agar Kabupaten Bangka Tengah dapat kembali mempertahankan status sebagai juara umum di MTQH Tingkat Provinsi ini.

“MTQH ini sebagai edukasi untuk semakin mencintai Al-Qur’an, meningkatkan kesadaran beragama serta sebagai syiar Islam. Diharapkan juga MTQH X Tingkat Provinsi ini dapat menghasilkan Qori-Qoriah yang terbaik untuk berkompetisi di tingkat Nasional,” ujar Pittor.

MTQH X Tingkat Provinsi ini diikuti oleh 6 Kafilah dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan total peserta 326 orang, pimpinan, official dan pelatih sebanyak 135 orang, serta sebanyak 41 Dewan Hakim yang terdiri dari Dewan Hakim Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional.

MTQH X Tingkat Provinsi Kepulauan Babel mengusung tema "Baca, Pahami dan Amalkan Al-Qur'an untuk Hidup yang Lebih Baik Menuju Bangka Belitung Berkah" dan diselenggarakan mulai dari 22 s.d 27 November 2021.

Dalam laporannya, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Babel, Drs. H. Tumiran Ganefo, M.H, menyampaikan bahwa tujuan dari MTQH ini adalah untuk meningkatkan kecintaan dan pemahaman terhadap kitab suci Al-Qur’an, memupuk keimanan dan meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

“Melestarikan seni budaya Al-Qur’an atau Qiraat dan meningkatkan pemahaman Tafsir Al-Qur’an, memupuk ukhuwah Islamiyah antar umat khususnya umat Islam di Bangka Belitung, dan menyiapkan calon duta Provinsi Kepulauan Babel pada MTQH Tingkat Nasional,” jelas Tumiran.

Dilanjutkan Tumiran, penyelenggaraan perlombaan MTQH X Tingkat Provinsi ini akan dilaksanakan di 4 tempat berbeda, yakni Asrama Haji Provinsi Kepulauan Babel sebagai Arena Utama MTQH X, Auditorium H. Mas’ud Hasan Qolay Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Babel, Gedung Mahligai Rumdin Gubernur Provinsi Kepulauan Babel dan Ruang CAT Lantai 4 Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Babel.

Sementara itu, membacakan sambutan serta mewakili Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Eko Kurniawan, M.Si selaku Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, mengatakan penyelenggaran MTQH ini merupakan wujud keinginan kita bersama untuk membumikan ajaran Al-Qur’an dan hadist serta menegakkan syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Dengan MTQH X Tingkat Provinsi ini, kita ciptakan Generasi Muda yang siap berkompetisi secara sehat, berlomba meraih prestasi, berkontribusi dalam membangun kualitas SDM umat yang unggul, kompetitif dan berkarakter islami,” ucap Eko.

Dihadiri Perwakilan Forkopimda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Perwakilan Bupati/Walikota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Babel, Ketua LPTQ Provinsi Babel, Perwakilan MUI Provinsi Babel, Sekda Provinsi Babel, Ketua LPTQ Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Instansi Vertikal, Perwakilan Organisasi Islam se-Provinsi Kepulauan Babel, Dewan Hakim Nasional dan tamu undangan lainnya. *(PYJ/WEE/Foto:YHP)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah