Home Berita Instansi dan Kementerian Musrenbang Kecamatan Pangkalan Baru Diharap Bisa Menjaring Aspirasi Masyarakat

Musrenbang Kecamatan Pangkalan Baru Diharap Bisa Menjaring Aspirasi Masyarakat

896
0
SHARE
Musrenbang Kecamatan Pangkalan Baru Diharap Bisa Menjaring Aspirasi Masyarakat

Pangkalan Baru – Musyarawah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Tahun 2023 diselenggarakan di Gedung Serba Guna Kantor Kecamatan Pangkalan Baru, Kamis (17/02/2022).

Peserta dalam kegiatan Musrenbang ini dibagi menjadi 6 kelompok, yakni Bidang Sarana dan Prasarana (Sarpras), Bidang Pertanian, Bidang Sosial, Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan dan Bidang Administrasi & Kepemerintahan yang berasal dari 11 (sebelas) desa dan 1 (satu) kelurahan di Kecamatan Pangkalan Baru serta perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bateng.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahateraan Rakyat (Kesra) Bateng, Pittor, mengajak unsur pemerintahan desa atau kelurahan agar dapat memanfaatkan Musrenbang dengan sebaik-baiknya dalam menyampaikan aspirasi-aspirasi masyarakat.

Ia juga berharap walaupun dengan anggaran yang terbatas, tetapi dengan metode perencanaan yang tertib dan efektif, arah pembangunan dan tujuan yang diharapkan bersama dapat tercapai.

“Inilah kesempatan terbaik bagi para peserta Musrenbang untuk pandai memilah mana yang masuk dalam kategori prioritas utama atau kategori pendukung. Kita harus pandai berhemat, tapi bukan berarti lupa akan prioritas,” ucap Pittor.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Bateng, Joko Triadhi, mengingatkan pentingnya kerja sama dan sinergi dari semua unsur pemerintahan, baik dari desa, kelurahan maupun kecamatan dalam mencapai pembangunan serta menjalankan program pemerintah baik dari pusat hingga kabupaten.

“Desa dan kelurahan ini adalah ujung tombak bagi aspirasi-aspirasi masyarakat. Maka, diharapkan dengan kerja sama dan sinergi, serta melalui musrenbang ini, mari tentukan dan sepakati bersama prioritas-prioritasnya,” jelas Joko.

Mewakili Camat Pangkalan Baru, Sekretaris Camat Pangkalan Baru, M. Tamsil, mengatakan Musrenbang ini adalah program rutin yang diadakan tiap tahun untuk menentukan arah pembangunan di Kecamatan Pangkalan Baru.

“Kita harapkan kesepakatan dan diskusi melalui Musrenbang ini dapat menentukan skala prioritas yang harus kita dahulukan untuk kepentingan masyarakat banyak,” kata Tamsil.

Musrenbang Kecamatan Pangkalan Baru ini juga dihadiri oleh Anggota Komisi III DPRD Bateng Herman, Danramil Pangkalan Baru, perwakilan Polsek Pangkalan Baru, Kepala BPBD Bateng, Kepala Diperkimhub Bateng, perwakilan OPD se-Bateng, Kepala Desa/Kelurahan se-Kecamatan Pangkalan Baru, Kepala KUA Pangkalan Baru, Ketua TP-PKK Kecamatan Pangkalan Baru, Ketua TP-PKK Desa/Kelurahan se-Kecamatan Pangkalan Baru, dan unsur pemerintahan lainnya. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Prayogi J

Editor: Asti Pradiajayanti

Fotografer: Prayogi J