Home Berita Terkini Panen Perdana Udang Vaname di Kurau, Algafry: Potensi Ini Sangat Menguntungkan

Panen Perdana Udang Vaname di Kurau, Algafry: Potensi Ini Sangat Menguntungkan

1,104
0
SHARE
Panen Perdana Udang Vaname di Kurau, Algafry: Potensi Ini Sangat Menguntungkan

Koba – Sore hari yang cerah di Tambak Rakyat Munjang Mangrove Desa Kurau Barat, Kecamatan Koba, Jumat (19/11/2021), terlihat Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., Panen Perdana Pengembangan Tambak Rakyat (Budidaya Udang Vaname Skala Rakyat) dengan wajah sumringah.

“Alhamdulillah, panen perdana udang vaname tambak rakyat yang kita tabur benurnya kurang lebih 3 bulan yang lalu sudah bisa dipanen. Ini merupakan hal yang luar biasa karena pertama kali panen sudah menunjukkan tren positif dan menghasilkan udang vaname yang sudah siap untuk dijual,” ujar Algafry seraya mengangkat beberapa ekor udang dari tambak.

Apresiasi yang luar biasa ditunjukkan oleh orang nomor satu di Bateng, atas dilakukannya panen perdana pengembangan tambak rakyat budidaya udang vaname skala rakyat yang memberikan dampak positif bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat di Kabupaten Bangka Tengah.

 “Potensi udang vaname ini sangat luar biasa untuk dikembangkan, karena sangat menjanjikan dengan harga jual yang sangat menguntungkan, bahkan proses yang dibutuhkan sampai panen lumayan singkat kurang lebih hanya 3 bulan,” kata Algafry Rahman.  

Lebih lanjut Bupati Bangka Tengah berharap kegiatan ini akan menjadi percontohan bagi daerah lainnya untuk bisa dikembangkan sehingga perekonomian masyarakat di Kabupaten Bangka Tengah dapat tumbuh pesat.

Hal senada diungkapkan Taufik, SP.MM., selaku Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah. Ia mengatakan bahwa potensi budidaya udang vaname ini sangat bagus untuk dikembangkan di Kabupaten Bangka Tengah karena peminatnya sangat banyak dengan harga jual yang cukup mahal dan sangat menjanjikan.

“Melalui dana APBD kita uji coba budidaya udang vaname skala tambak rakyat sebanyak 70.000 benih selama kurang lebih 93 hari dan kali ini kita lakukan panen perdananya. Dengan berat udang rata-rata 17 gram perekor dan kurang lebih 53 ekor sampai dengan 60 ekor perkilogram. Kita harapkan panen kali ini berkisar 300 sampai dengan 350 kg,” jelas Taufik.

Lebih lanjut,Taufik mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Bangka Tengah yang telah mendukung budidaya udang vaname tambak rakyat di Kabupaten Bangka Tengah.

Acara ini dihadiri oleh Tim Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Kades Kurau Barat, Ketua Pokdakan Gempa 01 beserta anggota, Penyuluh Perikanan Kecamatan Koba dan tamu undangan lainnya.* (YHP/WEE/Foto:YHP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah