Home Berita Terkini Pasar Tradisional Penunjang Ekonomi Masyarakat, Algafry Ajak Jaga Fasilitas dan Prasarana Pasar

Pasar Tradisional Penunjang Ekonomi Masyarakat, Algafry Ajak Jaga Fasilitas dan Prasarana Pasar

177
0
SHARE
Pasar Tradisional Penunjang Ekonomi Masyarakat, Algafry Ajak Jaga Fasilitas dan Prasarana Pasar

Sungaiselan – Keberadaan pasar khususnya pasar tradisional merupakan penunjang kegiatan ekonomi yang dapat memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bangka Tengah diungkapkan Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, S.T., saat membuka acara Pembinaan dan Pengendalian Sarana Distribusi Perdagangan di Gedung Serba Guna Kecamatan Sungaiselan, Kamis (21/10/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disperondagkop-UKM) Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah.

“Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Disperindagkop-UKM dalam hal pengelolaan pasar tradisional melakukan pembinaan terhadap pedagang pasar mengenai pengelolaan sarana distribusi perdagangan yang bertujuan untuk meningkatkan fasilitas dan sarana yang ada di pasar,” kata Algafry.

Lebih lanjut Bupati Bangka Tengah mengatakan bahwa dibutuhkan sinergi antara pemerintah sebagai penyedia fasilitas dan pedagang pasar guna menciptakan pasar rakyat yang lebih baik. Ia juga mengajak untuk menjaga fasilitas yang ada di pasar karena pasar merupakan tempat para pedagang mencari rezeki untuk keluarga.

”Keberadaan pasar ini bisa memberikan sumbangsih kepada daerah dalam hal membangun daerah. Melalui pembayaran retribusi dari para pedagang yang merupakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemerintah kabupaten Bangka Tengah dan digunakan untuk membangun serta memperbaiki fasilitas dan sarana di pasar. Marilah kita bekerja sama dalam membangun dan menjaga fasilitas serta prasarana yang ada di pasar untuk menuju Kabupaten Bangka Tengah semakin unggul,” harap Algafry.

Di akhir sambutannya orang nomor satu di Bateng ini mengucapkan terima kasih kepada para pedagang pasar atas dukungannya semoga usahanya lancar dan diberikan kesehatan.

Kegiatan ini, menurut Royter Gerbangka, S.T., selaku Kabid Perdagangan Disperindagkop-UKM bertujuan untuk menginformasikan bagaimana mengatur dan mengelola dagangannya dengan baik.

“Kegiatan Pembinaan dan Pengendalian Sarana Distribusi Perdagangan ini diikuti oleh para pedagang pasar Kecamatan Sungaiselan dan Kecamatan Simpang Katis. Semoga para pedagang bisa menerapkan apa yang disampaikan oleh narasumber yang berkompeten dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi-UKM Kabupaten Bangka Tengah dan pihak Kecamatan Sungaiselan. Sehingga nantinya pasar bisa tertata dengan baik dan dengan adanya retribusi pasar ini dapat meningkatkan PAD Kabupaten Bangka Tengah,” kata Royter Gerbangka.

Dalam kesempatan yang sama Suhimin selaku Camat Sungaiselan mengungkapkan aspresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Bagka Tengah melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi-UKM yang telah menyelenggarakan Pembinaan dan Pengendalian Sarana Distribusi Perdagangan kepada para pedagang pasar sehingga meningkatkan perekonomian di Kecamatan Sungaiselan.

”Kegiatan  ini merupakan salah satu program yang ada di Kecamatan Sungaiselan yaitu mengembangkan pasar-pasar tradisional atau pasar rakyat baik itu pasar induk (Pasar Sungaiselan), Pasar  Desa Melabun, Pasar Desa Keretak dan Pasar Desa Lampur, sehingga dapat meningkatkan perekonomian di Kecamatan Sungaiselan. Diharapkan kepada para pedagang timbul rasa memiliki pasar sehingga mereka dapat membantu merawat dan menjaga sarana dan prasarana pasar yang sudah diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah,” terang Suhimin.

”Walaupun sekarang maraknya pertumbuhan pasar moderen seperti adanya indomart dan alfamart tetapi bagi para pedagang pasar Kecamatan Sungaiselan justru dapat lebih memacu daya saing dan kreativitas untuk lebih maju dan lebih baik lagi,” lanjutnya.

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi-UKM Kabupaten Bangka Tengah beserta jajarannya, Camat Sungaiselan, para pedagang pasar Kecamatan Sungaiselan dan Kecamatan Simpang Katis.* (YHP/WEE/Foto:YHP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah