Home Daerah Pawai Obor di Air Mesu Kobarkan Rasa Kebersamaan

Pawai Obor di Air Mesu Kobarkan Rasa Kebersamaan

273
0
SHARE
Pawai Obor di Air Mesu Kobarkan Rasa Kebersamaan

PANGKALAN BARU - Lebih dari 300 peserta berkumpul di Lapangan Sepak Bola Desa Air Mesu, Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, untuk memeriahkan gelaran pawai obor pada hari Sabtu (13/08/2022) malam.

Para peserta yang mengikuti kegiatan pawai obor ini terdiri atas anak-anak usia TK, para pelajar mulai dari tingkat SD sampai SMA, TPA, dan Ibu-ibu anggota Majelis Taklim yang ada di lingkungan Desa Air Mesu dan Desa Air Mesu Timur.

Pawai obor ini digelar untuk menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah beberapa waktu lalu. Tradisi ini merupakan kegiatan rutin yang umum dilakukan oleh masyarakat muslim di Indonesia untuk menyambut bulan Ramadhan ataupun Muharram sebagai sarana syiar khazanah budaya Islam.

Hadir mewakili Bupati Bangka Tengah sebagai tamu undangan pada acara tersebut Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Pittor.

Tampak hadir pula sosok yang sudah cukup melekat di masyarakat Bangka Tengah yang kini merupakan anggota Dewan Perwakilan Daerah RI perwakilan Provinsi Bangka Belitung, Herry Erfian.

Dalam sambutannya, Pittor mendukung agar kegiatan ini dijadikan budaya dan ciri khas tahunan masyarakat.

"Kegiatan seperti ini kita budayakan dan lestarikan untuk menjadi ciri khas Desa Air Mesu dan Air Mesu Timur agar tiap tahun dapat dilaksanakan. Mudah-mudahan tiap tahun pelaksanaannya semakin baik dan semakin banyak pesertanya," ungkap Pittor.

Ia juga berharap agar kegiatan ini dapat mengobarkan rasa kebersamaan di tengah masyarakat.

"Saya harap semua warga menjadikan kegiatan seperti ini untuk meningkatkan dan menjaga kebersamaan dalam bermasyarakat," lanjutnya.

Terpisah, Herry Erfian mengapresiasi kegiatan pawai obor yang mengangkat tema Meningkatkan Taqwa Kepada Allah SWT ini.

"Saya pribadi mengapresiasi kegiatan ini dan mudah-mudahan kegiatan seperti ini dapat meningkatkan taqwa kita dan silaturahmi di antara kita," ujarnya.

Pawai obor dimulai dengan penyalaan api obor pertama oleh Pittor dan pemotongan pita pada garis start. Para peserta pawai mengelilingi kawasan Desa Air Mesu dan Air Mesu Timur diiringi dengan lantunan dzikir dan shalawat hingga kembali finish di titik awal yaitu lapangan sepak bola.

Sementara itu, Abiyan (16) yang merupakan salah satu peserta pawai obor menyambut antusias kegiatan ini.

"Seru sekali karena kami bisa berkeliling desa beramai-ramai dengan membawa obor. Pawai obor ini menjadi ajang untuk bersilaturahmi antara warga agar tetap menjaga kebersamaan," katanya.

Turut hadir dalam kegiatan pawai obor ini Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Bangka Tengah, Camat Pangkalan Baru, Kepala Desa Air Mesu, Kepala Desa Air Mesu Timur, dan Ketua Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) Bangka Belitung. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Yudi Rispandy

Editor: Asti Pradiajayanti

Fotografer: Prayogi Januardi