Home Berita Terkini Peduli Kesehatan, TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah Gelar Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks

Peduli Kesehatan, TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah Gelar Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks

235
0
SHARE
Peduli Kesehatan, TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah Gelar Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks

Koba - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bangka Tengah mengandeng Tim Kesehatan Puskesmas Koba menggelar acara sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks dan Periksa Payudara Sendiri (Sadari) di Gedung Serba Guna Bangka Tengah, Selasa (31/08/2021).

Ketua TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) drg. Eva Algafry yang membuka sosialisasi tersebut menjelaskan bahwa kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan jenis kanker nomor empat yang paling sering menyerang wanita. Kanker Serviks menempati urutan kedua untuk jenis kanker yang paling banyak ditemui pada wanita setelah kanker payudara. Eva menyebutkan, mengingat penyakit ini sangat mematikan, setiap perempuan perlu mengetahui faktor risiko apa saja yang dapat menyebabkan dirinya lebih rentan terkena kanker serviks.

"Deteksi dini kanker mulut rahim dapat dilihat melalui pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA). IVA merupakan pemeriksaan sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat. Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan screening alternative dari pap-smear namun lebih praktis dan sangat mudah untuk dilaksanakan," jelas Eva.

Lebih lanjut Eva menjelaskan, pemeriksaan IVA akan terus disosialisasikan agar masyarakat mengerti dan ikut memeriksakan diri. Menurutnya dengan pemeriksaan lebih awal akan memberikan penanganan yang lebih awal. Apabila penderita baru mengetahui saat sudah dalam stadium yang berat maka pengobatan akan lebih berat. Semua wanita yang sudah melakukan hubungan seks dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan IVA.

"Ayo bersama kita jaga kesehatan kita, khususnya untuk perempuan yang ada di Kabupaten Bangka Tengah agar segera melakukan pemeriksaan IVA, bisa datang ke puskemas-puskesmas dan ini gratis," pungkas Eva.

Kegiatan tersebut mengundang narasumber dr. Gerri Rivendra, Sp.OG, dan Bidan Karnita. Turut dihadiri oleh Wakil Ketua I dan II TP-PKK Bateng, Kepala DPPKBPPPA serta diikuti kurang lebih 100 peserta.* (RIS/APJ/Foto:RIN)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah