Home Berita Terkini Pelatihan Berbasis Kompetensi Sistem MTU Kejuruan Otomotif, Algafry: Tekan Angka Pengangguran

Pelatihan Berbasis Kompetensi Sistem MTU Kejuruan Otomotif, Algafry: Tekan Angka Pengangguran

145
0
SHARE
Pelatihan Berbasis Kompetensi Sistem MTU Kejuruan Otomotif, Algafry: Tekan Angka Pengangguran

Sungaiselan - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPPTSPTK) Kabupaten Bangka Tengah bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Pelatihan Berbasis Kompetensi Sistem Mobile Training Unit (MTU) Kejuruan Otomotif di Ruang Pertemuan Kecamatan Sungai Selan, Kamis (21/10/2021) yang dihadiri oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T.

Membuka kegiatan ini, Algafry mengatakan masalah pengangguran dan urusan ketenagakerjaan bukan cuma tugas dan kewenangan Pemerintah Pusat tetapi juga menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, tujuan dari pembangunan ketenagakerjaan diantaranya untuk memberdayakan dan mendayagunakan tenaga kerja secara optimal dan manusiawi, menciptakan pemerataan kesempatan kerja dan penyediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan, memberikan perlindungan bagi tenaga kerja, dan meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja,” jelasnya.

Lebih lanjut Algafry mengatakan dibutuhkan keterlibatan dan konsistensi banyak pihak dalam mengatasi pengangguran khususnya di Kabupaten Bangka Tengah.

“Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah terus berupaya dalam menekan angka pengangguran, salah satunya dengan memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta meningkatkan infrastruktur yang berbasis komunitas, memberdayakan lembaga penempatan tenaga kerja, merangsang pertumbuhan iklim investasi yang kondusif, mengembangkan sektor kepariwisataan serta melaksanakan kegiatan pelatihan berbasis kompetensi dengan tujuan meningkatkan skill sumber daya manusia para pencari kerja sehingga mampu bersaing di pasar kerja ataupun menjadi wirausaha,” tutur Algafry.

Menutup sambutannya sekaligus membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi Sistem Mobile Training Unit (MTU) Kejuruan Otomotif Tahun 2021 Bupati Bangka Tengah mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah mengalokasikan Anggaran Pelatihan Berbasis Kompetensi untuk Kabupaten Bangka Tengah seraya berharap semoga kerja sama ini terus terjalin, dan bagi para peserta untuk dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya.

Dalam kesempatan yang sama Tanaim, S.H., selaku Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan bahwa Kegiatan Pelatihan dan Pendidikan Keterampilan bagi pencari kerja berdasarkan klaster kompetensi ini bersumber dari APBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2021.

“Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi Sistem Mobile Training Unit (MTU) Kejuruan Otomotif ini dilaksanakan selama 24 hari, diikuti sebanyak 16 peserta dari Kecamatan Sungaiselan. Instruktur pelatihan merupakan yang ahli di bidangnya berasal BLK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Diharapkan kepada para peserta setelah mengikuti kegiatan ini nantinya mempunyai keahlian yang siap memasuki dunia kerja, karena keahlian otomotif ini sangat dibutuhkan saat ini,” jelas Tanaim.

Hal serupa dikatakan Suhimin selaku Camat Sungaiselan mengatakan bahwa Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi Sistem Mobile Training Unit (MTU) Kejuruan Otomotif ini disamping mengasah ilmu dan ketrampilan juga mengasah mental, pembentukan sikap dan etika kerja.

“Kami atas nama masyarakat Sungaiselan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dan Bupati Bangka Tengah yang sudah memberikan banyak kesempatan kepada masyarakat kami khususnya anak muda untuk menambah ilmunya di Mobile Training Unit (MTU) Kejuruan Otomotif ini. Kepada para peserta manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga nantinya bisa menciptakan lapangan kerja baru dan tidak lagi dalam kategori pengangguran,” harap Suhimin.

Hadir dalam kegiatan ini Perwakilan Dinas Tenaga kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPPTSPTK) Kabupaten Bangka Tengah Hj.Kartina, SH., M.Si beserta jajarannya, Camat Sungai Selan serta para Peserta Pelatihan.* (YHP/WEE/Foto:YHP)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah